Ahok jadi Menteri Investasi, Pengamat: Jangan Sampai Presiden Bunuh Diri

Ahok jadi Menteri Investasi, Pengamat: Jangan Sampai Presiden Bunuh Diri Kredit Foto: Instagram/Basuki Tjahaja Purnama

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menanggapi wacana penetapan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Menteri Investasi. Dia berharap Ahok jangan sampai menjadi beban Presiden Joko Widodo.

"Jangan sampai justru menteri menjadi beban presiden," kata Pangi kepada Republika, Jumat (16/4).

Pangi mendesak Presiden bijak memilih menteri bukan hanya didasari pada emosi publik. Pemilihan seorang menteri tak bisa karena publik menyukai atau membenci sosok tersebut. Ia minta sosok yang bisa bekerja lebih penting daripada persoalan tokoh disukai atau dibenci.

"Yang jelas menteri harus mampu mengatasi masalah yang selama ini belum teratasi," ujar Pangi.

Pangi memandang, kemampuan Presiden memilih menteri berhubungan dengan tingkat penerimaan dan kepuasan di mata masyarakat. Sehingga, kalau reshuffle justru memasukkan orang yang salah dan memberhentikan menteri yang sudah bekerja benar, justru berdampak negatif bagi Presiden.

"Maka, harus jelas alat ukurnya mana menteri yang dianggap berkinerja bagus dan yang tidak. Sehingga, jangan sampai presiden bunuh diri, reshuffle berkali-kali pun tidak akan mengubah kinerja presiden, kalau salah dalam menempatkan menteri sebagai pembantu presiden," ucap Pangi.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini