Ngeri-ngeri Sedap! Kim Jong-un Minta Rudal Nuklir Korea Utara Siap Tempur

Ngeri-ngeri Sedap! Kim Jong-un Minta Rudal Nuklir Korea Utara Siap Tempur Kredit Foto: Reuters

Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara (Korut), dilaporkan meningkatkan program nuklir negaranya dan dia telah memerintahkan militer untuk memastikan rudal nuklirnya siap tempur.

Menurut sumber berpangkat tinggi para pejabat militer telah diberitahu bahwa mereka harus siap melaksanakan perintahnya "kapan saja".

Baca Juga: Hampir Buntu, Upgrade Rudal Balistik Nuklir Korut Jalan Terus

Perintah itu dikeluarkan minggu ini dan pasukan disiagakan, sebelum negara komunis rahasia itu merayakan ulang tahun pendirinya Kim Il-Sung, di sebuah acara yang dikenal sebagai Festival Matahari.

Salah satu sumber yang dekat dengan rezim Kim Jong-un,yang dikutip NK News, Sabtu (17/4/2021), mengeklaim bahwa perintah semacam itu tidak biasa dikeluarkan selama pekan festival.

Laporan menunjukkan uji coba rudal balistik jarak pendek lainnya diprediksi akan dilakukan dalam beberapa minggu mendatang, setelah gambar satelit yang diterbitkan oleh situs web 38 North mengungkapkan tongkang uji coba rudal yang baru saja dimodifikasi telah kembali ke galangan kapal di pusat militer utama minggu ini.

Pada Maret lalu, Korut menembakkan beberapa rudal jarak pendek ke Laut Jepang dan Laut Kuning dalam uji coba misil. Itu merupakan uji coba rudal pertama kalinya setelah Presiden AS Joe Biden menjabat.

Dewan Keamanan PBB telah melarang Korea Utara untuk menguji senjata ampuh tersebut, tetapi telah mengabaikan perintah itu pada banyak kesempatan.

Ada kekhawatiran yang berkembang tentang kemajuan teknologi militer Korea Utara dan para ahli yakin negara itu meningkatkan program nuklirnya.

Sebuah laporan mengkhawatirkan yang diterbitkan oleh sebuah wadah pemikir Korea, yang disebut Asan Institute for Policy Studies, menyatakan Korea Utara dapat memiliki 200 senjata nuklir dan beberapa lusin rudal balistik antarbenua pada tahun 2027.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini