Bongkar Pasang Menteri Kabinet, Pak Jokowi Punya Banyak Bahan Buat Anak Buahnya!

Bongkar Pasang Menteri Kabinet, Pak Jokowi Punya Banyak Bahan Buat Anak Buahnya! Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Kabar soal perombakan kabinet atau reshuffle semakin santer. Wacana reshuffle pun menguat setelah pemerintah bersama parlemen sepakat untuk melebur Kementerian Riset dan Teknologi ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemerintah juga akan membentuk satu kementerian baru, yakni Kementerian Investasi

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Donny Gahral Adian, menyebutkan bahwa keputusan untuk merombak kabinet sepenuhnya wewenang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mengenai apakah reshuffle mendatang hanya berkaitan dengan kementerian baru atau ada menteri lain yang dicopot, Donny juga enggan berkomentar banyak. Menurutnya, Jokowi punya bahan evaluasi yang cukup kuat terhadap seluruh anak buahnya. Baca Juga: Digadang-Gadang Gantikan Nadiem Makarim, Tokoh Muhammadiyah Irit Bicara!

"Evaluasi beliau seperti apa, yang jelas apapun yang beliau putuskan pasti berdasarkan evaluasi terkait kinerja menteri-menteri semasa pandemi. Karena presiden berulang kali mengatakan bahwa kita tidak bisa bekerja biasa biasa saja tapi harus ekstra keras di masa pandemi," kata Donny, Sabtu (17/4) sore.  Baca Juga: Bicara Reshuffle Kabinet Jokowi, Fadjroel Rachman Nggak Seberani Ngabalin: Main Aman Aja!

Donny pun meminta publik untuk menunggu keputusan presiden ini. Terkait waktu pengumuman perombakan kabinet, Donny juga mengaku tak tahu-menahu. 

"Waktunya tidak tahu. Spekulasi beredar, inisial beredar tapi kita nggak bisa komentar karena ini sepenuhnya ada di tangan presiden," kata Donny. 

Sebagai informasi, sebelumnya Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin sempat membocorkan informasi bahwa reshuffle akan dilakukan pekan ini. Namun kabar yang lebih kuat beredar di internal istana menyebutkan bahwa perombakan kabinet belum akan dilakukan setidaknya sampai pekan depan. Belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai hal ini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini