Gila! Segitunya Banget, Jack Ma Dipaksa Lepas Saham di Ant Group, Auto Didepak!

Gila! Segitunya Banget, Jack Ma Dipaksa Lepas Saham di Ant Group, Auto Didepak! Kredit Foto: Reuters/Bobby Yip

Ant Group sedang menjajaki opsi bagi sang pendiri Jack Ma untuk mendivestasi alias melepas kepemilikan sahamnya di raksasa teknologi keuangan tersebut. Menurut seseorang yang mengetahui permasalahan ini, keputusan tersebut dianggap  sebagai salah satu cara memuaskan pemerintahan China yang belakangan mengawasi ketat Ant Group.

Dilansir dari Reuters di Jakarta, Senin (19/4/21) Jack Ma memiliki Ant Group melalui struktur kendaraan investasi yang rumit. The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan bahwa Ma telah menawarkan dalam pertemuan November dengan regulator untuk menyerahkan sebagian Ant kepada pemerintah China.

Baca Juga: Usai Hilang dan Didenda, Jack Ma Tiba-tiba Muncul Bareng Vladimir Putin, Ada Apa Ini?

Pejabat dari bank sentral China dan regulator keuangan China mengadakan pembicaraan antara Januari dan Maret dengan Ma dan Ant secara terpisah. Disebut-sebut ada kemungkinan pembahasan mengenai 'didepaknya' Jack Ma dari perusahaan. Namun, Ant membantah bahwa divestasi saham Ma pernah dipertimbangkan.

"Divestasi saham Jack Ma di Ant Group tidak pernah menjadi subjek diskusi dengan siapa pun," kata juru bicara Ant dalam sebuah pernyataan.

Meski demikian, perusahaan berharap saham Jac Ma yang bernilai miliaran dolar, dapat dijual kepada investor yang ada di Ant atau afiliasi e-commerce Alibaba Group Holding Ltd tanpa melibatkan entitas eksternal.

Namun, seorang sumber yang lain mengatakan bahwa Jack Ma tidak diizinkan untuk menjual sahamnya kepada entitas atau individu yang dekat dengannya. Jack Ma harus sepenuhnya keluar. Opsi lainnya adalah ia mentransfer sahamnya ke investor China yang berafiliasi dengan negara. Setiap langkah Jack Ma akan membutuhkan persetujuan Beijing.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini