Innalillahi, Pengusaha Pengembang PDF Ini Tutup Usia

Innalillahi, Pengusaha Pengembang PDF Ini Tutup Usia Kredit Foto: Unsplash/Szabo Viktor

Salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak Adobe Inc sekaligus pengembang teknologi PDF (portable document format) Charles 'Chuck' Geschke, tutup usia pada usia 81.

Melansir Associated Press, Senin (19/4/2021), Geschke yang bertempat tinggal di Los Altos meninggal pada Jumat (16/4/2021). Menurut Bos Adobe, Shantanu Narayen, itu jadi salah satu duka besar bagi komunitas Adobe dan industri teknologi.

"Sebagai salah satu pendiri Adobe, Chuck dan John Warnock mengembangkan software inovatif yang merevolusi cara orang berkomunikasi dan berkarya," kata Narayen.

Baca Juga: Negara Ini Fiks Boikot Cryptocurrency

Baca Juga: Berkat Kripto, Bos Perusahaan Ini Jual Ratusan Juta Saham

Produk pertama dari 2 pendiri itu adalah Adobe PostScript, teknologi yang membawa cara baru dalam mencetak gambar dan teks; memantik revolusi desktop.

Menurut Narayen, "Chuck menanamkan dorongan guna berinovasi, melahirkan sejumlah penemuan perangkat lunak transformatif, seperti Acrobat, PDF, Illustrator, Premiere Pro, dan Photoshop."

Sosok itu mendapat gelar doktor dari Universitas Carnegie Mellon. Lalu, ia meniti karier di Pusat Penelitian Xerox Palo Alto; membawanya bertemu dengan Warnock. Akhirnya, kedua orang itu merintis Adobe bersama.

Akhirnya, Presiden Barack Obama memberi Geschke dan Warnock National Medal of Technology pada 2009.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini