Sebut Urusan Dalam Negeri, Rusia Minta Negara Lain Jangan Urusi Alexei Navalny

Sebut Urusan Dalam Negeri, Rusia Minta Negara Lain Jangan Urusi Alexei Navalny Kredit Foto: EPA/Yuri Kochetkov

Rusia mengatakan bahwa kondisi tahanan di penjara Rusia bukanlah urusan negara lain. Ini adalah respon atas pernyataan Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara lain soal kondisi Alexei Navalny.

"Kondisi kesehatan narapidana di Rusia tidak bisa dan tidak boleh menjadi perhatian mereka (negara-negara Barat)," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov kepada wartawan di Moskow.

Baca Juga: Joe Biden Baru Komentari Alexei Navalny, Dokter Pribadi Ikut-ikutan: Pasien Bisa Tewas Kapan Saja

Ketika ditanya tentang kekhawatiran tentang Navalny yang disuarakan oleh perwakilan negara bagian lain. Dia menunjukkan, ini bukan masalah yang pihaknya pertimbangkan. Baca juga: AS Peringatkan Konsekuensi Rusia jika Navalny Tewas di Penjara

Disinggung soal pernyataan penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan telah memperingatkan Rusia tentang kemungkinan konsekuensi seandainya Alexei Navalny meninggal dalam tahanan, Peskov mengatakan pihaknya tidak memiliki reaksi apapun.

"Kami tidak bereaksi terhadap pernyataan seperti itu yang dibuat oleh perwakilan negara bagian lain," ujarnya, seperti dilansir Tass pada Selasa (20/4/2021).

Sebelumnya, Sullivan mengatakan pihaknya telah mengkomunikasikan kepada Moskow bahwa apa yang terjadi pada Navalny dalam tahanan mereka adalah tanggung jawab mereka dan mereka akan dimintai pertanggungjawaban oleh komunitas internasional.

"Dalam hal tindakan khusus yang akan kami ambil, kami melihat berbagai biaya berbeda yang akan kami bebankan dan saya tidak akan menyampaikannya kepada publik pada saat ini. Tetapi kami telah mengkomunikasikan bahwa akan ada konsekuensijika Navalny meninggal," sambungnya.

Menurut Sullivan Washington telah sampai pada kesimpulan bahwa masalah ini sebaiknya dibicarakan langsung dengan Moskow, melalui jalur diplomatik.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini