Waduh! Sentul City Rela Jual AEON Demi Bayar Utang ke Bank

Waduh! Sentul City Rela Jual AEON Demi Bayar Utang ke Bank Kredit Foto: Shutterstock

PT Sentul City Tbk (BKSL) resmi menjual Aeon Mall Sentul City, Bogor kepada Aeon Jepang melalui PT Aeon Mall Indonesia. Dari hasil penjualan tersebut BKSL mengantongi dana hingga sebesar Rp1,9 triliun. 

Presiden Komisaris PT Sentul City Tbk,  Basaria Panjaitan mengatakan bahwa dana dari hasil penjualan ini akan dimaanfaatkan untuk melunasi pinjaman ke PT Bank BNI Tbk sebesar Rp900 Miliar. 

"Dana dari hasil penjualan mengurangi secara signifikan  liabilitas perseroan. Selain itu penjualan mall ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja keuangan perseroan kuartal II tahun 2021," ujar Basaria, dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Penjualan tersebut dilakukan untuk membiayai kegiatan operasional, memenuhi perjanjian dan memperbaiki kas perusahaan. 

Baca Juga: BKSL Jual AEON Mall Sentul City Seharga Rp1,9 Triliun, Kenapa Ya?

Menurut Basaria, proses akuisisi/penjualan ini terjadi  karena Aeon Jepang sebagai investor asing melalui PT Aeon Mall Indonesia melihat prospek bisnis yang sangat baik di kawasan hunian Sentul City. “Dan tentunya sangat membantu cash flow kami,” terangnya.

Baca Juga: Lippo Group Jual Saham Matahari di Bawah Harga Pasar ke Perusahaan Singapura

Basaria menuturkan bahwa setelah IKEA, AEON Mall, perseroan tengah merancang kerjasama dengan investor asing untuk membangun Factory Outlet terbesar se Asia Tenggara di Sentul City.

“Kita ingin percepatan agar kegiatan bisnis berskala besar di kawasan hunian Sentul memberikan dampak ekonomi kepada stakeholders,” terangnya. 

Selain itu, menurut Basaria, PT Sentul City Tbk juga bertekad untuk menjadikan kawasan hunian Sentul City sebagai surganya para investor. Karena itu, perseroan juga secara berkesinambungan menyiapkan infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh para investor nasional dan global.  

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini