Mata Uang Digital Dukungan Facebook Akan Luncurkan ... Tahun Ini

Mata Uang Digital Dukungan Facebook Akan Luncurkan ... Tahun Ini Kredit Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Facebook ingin merevolusi keuangan dengan mata uang digital global, tapi menuai banyak kritik dari sejumlah regulator dunia.

Pada awalnya, Facebook mengusulkan token digital bernama Libra; berfungsi sebagai mata uang universal yang terkait dengan mata uang negara seperti dolar AS dan euro. Namun, beberapa regulator dunia menentang ide itu.

Setelahnya, proyek Libra kehilangan pendukung utama, termasuk Visa dan Mastercard. Kelompok itu pun akhirnya beralih keĀ stablecoin dengan bekingan berbagai mata uang yang mendapat dukungan pemerintah. Namanya Diem.

Baca Juga: Pemerintah Mau Kenakan Pajak ke Trader Kripto, Bisa Cetak Triliunan Rupiah!

Baca Juga: Bukan China, Ini Dia Negara Peringkat 1 Pengembangan Uang Digital!

Kabarnya, Diem akan meluncur akhir tahun ini, walau bentuknya lebih terbatas daripada rencana awal. Koin itu tak lagi hadir dengan keriuhan dan kontroversi seperti dulu.

"Asosiasi Diem, organisasi nirlaba yang meninjau perkembangan Diem, bertujuan meluncurkan uji coba dengan 1 stablecoin yang berpatokan ke dolar AS pada 2021," kata narasumber anonim, dikutip dariĀ CNBC Internasional, Selasa (20/4/2021).

Uji coba itu akan berskala kecil; sebagian besar fokus pada transaksi antara konsumen individu. Ada juga peluang yang memungkinkan pengguna membeli barang dan pembelian.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini