Nggak Ada Jaminan, Meski Dekat dengan Jokowi Peluang Ahok Masuk Kabinet Kecil

Nggak Ada Jaminan, Meski Dekat dengan Jokowi Peluang Ahok Masuk Kabinet Kecil Kredit Foto: Instagram/Basuki Tjahaja Purnama

Nama Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) muncul saat isu perombakan atau reshuffle kabinet berhembus.

Kendati demikian, peluang mantan Gubernur DKI Jakarta yang pernah berdampingan dengan Jokowi saat memimpin Ibu Kota ini masuk kabinet Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin dinilai kecil.

Baca Juga: Geger Lagi, Ahok Disebut-sebut Disiapkan China untuk Jadi Presiden di 2024

"Soal isu Ahok masuk dalam Kabinet Jokowi tentu sesuatu yang wajar secara politik," tutur Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam, kepada SINDOnews, Rabu (21/4/2021).

Meski dikenal dekat dengan Jokowi, peluang Ahok menjadi menteri dinilai kecil. "Soal peluang masuk kabinet, saya kira kecil," tandasnya.

Dia menilai akan muncul sejumlah sisi negatif jika Ahok masuk kabinet Jokowi-Ma'ruf. "Namun ada banyak negatifnya bagi Jokowi yakni kabinet akan gaduh dan ribut terus sehingga mengganggu kinerja dan soliditas kabinet," ujarnya. Baca juga: Teliti Pemilih Pilpres, Jubir Presiden Fadjroel Rachman Raih Gelar Doktor

Sekadar diketahui, isu reshuffle kabinet muncul setelah Presiden Jokowi mengusulkan penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Presiden Jokowi juga mengusulkan pembentukan Kementerian Investasi.

Sebelumnya, politikus Partai Gerindra Arief Poyuono menilai Ahok lebih cocok menjadi Menteri Pendidikan ketimbang menjadi Menteri Investasi. Arief Poyuono yakin dunia pendidikan bisa diperbaiki Ahok.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini