Optimalisasi Program Tol Laut, Hubla Ajak Semua Pihak Bersinergi

Optimalisasi Program Tol Laut, Hubla Ajak Semua Pihak Bersinergi Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Program Tol Laut telah berhasil menurunkan disparitas harga beberapa komoditas. Namun, program unggulan Pemerintah ini masih perlu optimalisasi agar memberikan dampak yang lebih luas.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus R. Purnomo mengatakan sinergi para stakeholders, khususnya antara kementerian dan lembaga, pemerintah pusat dan daerah, dan juga para pelaku usaha dan operator prasarana serta sarana transportasi laut sangat dibutuhkan untuk memperkuat penerapan program Tol Laut. Baca Juga: Ini Progres Tol Laut Program Jokowi di Tangan Dirjen Hubla Agus Purnomo

"Seiring dengan kebutuhan masyarakat, program Tol Laut terus mengalami peningkatan dan pengembangan seperti trayek yang bertambah, jumlah muatan yang makin meningkat, maupun kapasitas kapal yang makin besar," kata Agus dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (21/4).

Lanjutnya, ia mengatakan melalui program Tol Laut ini diharapkan dapat terjadi keseimbangan perdagangan antara wilayah barat dan timur sehingga diperlukan jaringan kapal, rute pelayaran, fasilitas pelabuhan yang memadai, konektivitas antar moda yang baik dan transparansi biaya logistik di setiap lini kegiatan pergerakan barang. Baca Juga: Program Tol Laut Bantu Kerek Investasi Daerah

Berdasarakan data Ditjen Hubla, pelaksanaan program Tol Laut telah mengalami peningkatan yang signifikan sejak mulai direalisasikan pada 2016. Hingga 2021, jumlah pelabuhan singgah tol laut meningkat menjadi 103 titik dari 31 titik pada tahun 2016. Begitu juga jumlah armada kapal meningkat dari 6 kapal pada tahun 2016 menjadi 30 kapal pada tahun 2021, dan jumlah trayek meningkat dari 6 trayek pada tahun 2016 menjadi 30 trayek pada tahun 2021.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini