PLN Pulihkan 3.857 Gardu Listrik di NTT Dampak Badai Seroja

PLN Pulihkan 3.857 Gardu Listrik di NTT Dampak Badai Seroja Kredit Foto: Antara/Irwansyah Putra

PT PLN (Persero) masih terus berupaya memulihkan jaringan kelistrikan di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdampak badai siklon tropis Seroja.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, mengatakan bahwa sampai hari ini, sebanyak 3.857 gardu telah kembali pulih sehingga 616.000 pelanggan telah bisa kembali menikmati listrik.

Baca Juga: Bantu Petani Tambak Udang Tingkatkan Ekspor, PLN Listriki 7 Tambak di Pulau Bangka

"Kerja dan perjuangan kami belum selesai. Masih ada 3,6% gardu di titik-titik tersulit dan medan yang sangat berat yang harus kita pulihkan," kata Zulkifli dalam konferensi pers, Rabu (21/4/2021).

Zulkifli menuturkan, masih ada sekitar 3% pelanggan yang mengalami gelap gulita. Untuk itu, pihaknya akan segera memulihkan jaringan kelistrikan di daerah-daerah tersebut. "Kami akan segera pulihkan kelistrikannya," tuturnya.

Zulkifli mengatakan, belajar dari bencana ini, PLN akan melakukan mitigasi untuk tower-tower listrik yang rawan ke tanah yang lebih stabil dan memperkuat fondasi tapak. Selain itu, PLN akan memperkuat sistem kelistrikan Timor dengan membangun dua jalur, yaitu eksisting 70 kilo Volt (kV) dan jalur kedua bertegangan 150 kV.

"Tentu saja inspeksi dan pemeliharaan rutin pada jaringan distribusi 20 kV akan juga kami kerjakan karena jaringan itulah yang menghubungkan listrik sampai ke pelanggan," katanya.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini