Lagi Latihan Torpedo, Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang Kontak Setelah...

Lagi Latihan Torpedo, Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang Kontak Setelah... Kredit Foto: Facebook/Pusat Penerangan TNI

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Angkatan Laut (AL) Indonesia sedang mencari kapal selam dengan 53 orang di dalamnya yang kehilangan kontak pada Rabu (21/4/2021). Panglima sedang mencari bantuan dari negara tetangga Australia dan Singapura dalam perburuan tersebut. 

Seorang juru bicara dari TNI AL menyampaikan kapal selam berusia 43 tahun, KRI Nanggala-402, sedang melakukan latihan torpedo di perairan utara pulau Bali, tetapi gagal menyampaikan hasil seperti yang diharapkan.

"Kami masih mencari di perairan Bali, 96 kilometer dari Bali, (untuk) 53 orang," kata panglima militer Hadi Tjahjanto kepada Reuters melalui pesan teks, dikutip Warta Ekonomi, Rabu (21/4/2021).

Hadi membenarkan bahwa bantuan dalam pencarian kapal selam dan awak kapal yang hilang telah dicari dari Australia dan Singapura. Dia mengatakan bahwa kontak dengan kapal itu hilang pada Rabu, pukul 4:30 pagi.

Sementara itu, perwakilan dari departemen pertahanan Australia dan Singapura tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Panglima militer akan mengadakan konferensi pers untuk berbagi informasi lebih lanjut tentang pencarian pada Kamis dari Bali, kata seorang juru bicara.

Perlu diketahui, KRI Nanggala-402 berbobot 1.395 ton dibuat di Jerman pada 1978, sebagaimana tertera dalam situs sekretariat kabinet Indonesia. Kapal itu telah menjalani dua tahun reparasi di Korea Selatan yang selesai pada tahun 2012.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini