Hebohnya Nama Pendiri NU Lenyap dalam Kamus Sejarah, Lha Wong Cucu Hasyim Asy’ari Aja Selow

Hebohnya Nama Pendiri NU Lenyap dalam Kamus Sejarah, Lha Wong Cucu Hasyim Asy’ari Aja Selow Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Cucu K.H. Hasyim Asy’ari, Yenny Wahid menyarankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan segera menarik draf Kamus Sejarah Jilid 1 yang sudah telanjur beredar dan melakukan revisi kontennya.

"Disisir lagi semua konten-kontennya apakah ada yang bertentangan dengan konteks sejarah kita. Apakah ada penghilangan aktor-aktor sejarah kita yang penting tidak masuk di dalamnya. Atau justru ada memasukkan tokoh-tokoh yang sebenarnya musuh ideologi yang bertentangan dengan Pancasila," kata Yenny.

Yenny menjelaskan K.H. Hasyim Asy’ari memiliki jasa yang besar, salah satunya mengobarkan Resolusi Jihad. Resolusi Jihad salah satu faktor besar yang menjadi kekuatan pemukul para pejuang kemerdekaan Indonesia melawan penjajah Belanda. Kontribusi itu fundamental bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dengan selow atau santai, putri K.H. Abdurrahman Wahid (Gusdur) itu menilai Nadiem memiliki semangat dan komitmen untuk terus mengedepankan penghormatan terhadap jasa-jasa para tokoh bangsa.

Ia pun berharap, respons tersebut segera diikuti dengan langkah nyata berupa perbaikan penyusunan sejarah melalui proses yang lebih transparan dan partisipatif.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini