Nadiem Makarim Sedang Bermanuver, Dag Dig Dug Kena Reshuffle Efek Menteri yang Banyak Error-nya

Nadiem Makarim Sedang Bermanuver, Dag Dig Dug Kena Reshuffle Efek Menteri yang Banyak Error-nya Kredit Foto: Istimewa

Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan, ramainya isu reshuffle tidak selamanya akan mengganggu kerja para menteri.  Seperti diketahui, hampir dua minggu ini isu reshuffle ramai dibicarakan. Nadiem Makarim merupakan menteri yang digadang akan di-reshuffle.

Menurutnya, menteri yang bekerja bagus akan santai saja menghadapi ramainya isu perombakan kabinet. Berbeda dengan yang berkinerja buruk.

Baca Juga: PDIP Sebut Kerja Nadiem Makarim Sejalan Falsafah Ki Hadjar Dewantara

“Kalau menteri yang kinerjanya baik enggak akan terganggu,” katanya, Kamis (22/4/2021).

Seorang menteri berkinerja buruk dinilainya bakal takut kehilangan posisi sehingga makin tidak fokus dalam bekerja. 

“Kalau menteri-menteri yang kinerja jelek, terus memang mencari kerja dan takut banget di-reshuffle karena ntar ga punya kerjaan pasti berpengaruh. Dag dig dug dia,” ucapnya. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan menteri tersebut akan melakukan manuver untuk mengamankan posisinya. Dia menyebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim salah satu contohnya. 

“Manuver sana sini. Nadiem contohnya, pertemuan dengan Megawati. Salah satu tanda-tanda dag dig dug dia,” kata Hendri. 

Isu reshuffle muncul setelah adanya peleburan Kemenristek ke Kemendikbud dan adanya struktur baru Kementerian Investasi. Hingga kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum mengumumkan siapa saja  yang akan di-reshuffle. 

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini