Modalku, Fintech yang Paling Rawan Dipakai oleh Sindikat Penipu?

Modalku, Fintech yang Paling Rawan Dipakai oleh Sindikat Penipu? Kredit Foto: Pixabay

Modalku sebagai penyelenggara financial technology (layanan pinjam meminjam berbasis teknolog informasi) meminta masyarakat waspada terhadap sejumlah kasus penipuan dengan dalih investasi yang mengatasnamakan Modalku melalui akun palsu pada platform Telegram dan Instagram.

Temuan ini didapat melalui laporan dari korban penipuan yang telah melakukan transaksi dengan oknum dengan cara mentransfer sejumlah uang, kata Co-Founder & CEO Modalku, Reynold Wijaya melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Modalku telah melaporkan kejadian ini kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta pihak berwajib untuk diproses lebih lanjut.

Disebutkan, Modalku tidak menggunakan platform Telegram untuk layanan bisnis. Beberapa akun telegram palsu yang cukup aktif dan memiliki banyak anggota yang mengatasnamakan Modalku adalah ModallkuIDN, ModallRakyatt, dan modalkuInvestasiMellenial.

Saat ini Tim Modalku telah menerima sebanyak enam laporan dan setelah ditelusuri, akun palsu tersebut menyalahgunakan nama dan logo Modalku untuk menjebak calon investor.

Reynold Wijaya mengatakan, “Kami turut prihatin atas kejadian yang menimpa para korban penipuan. Kami mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap modus penipuan, terutama dalam melakukan transaksi finansial dengan cara mengecek kredibilitas dari akun tersebut. Masyarakat juga diharapkan bisa menjaga keamanan dan kerahasiaan data pribadi dengan baik."

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini