KRI Nanggala-402 Masih Hilang, Korsel Tawarkan Bantuan ke Indonesia

KRI Nanggala-402 Masih Hilang, Korsel Tawarkan Bantuan ke Indonesia Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Korea Selatan (Korsel) mengatakan pihaknya siap membantu Indonesia untuk menemukan kapal selam KRI Nanggala-402. Kapal selam itu hilang kontak saat menggelar latihan di perairan Bali, kemarin.

Kementerian Pertahanan Korsel menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada Kementerian PertahananIndonesia atas insiden yang menimpa kapal selam KRI Nanggala-402.

Baca Juga: Cerita Moeldoko Bersama KRI Nanggala 402 Delapan Tahun Lalu

Korsel dan Indonesia, jelasnya, berbagi kemitraan yang erat di bidang industri pertahanan dan pertahanan berdasarkan Kemitraan Strategis Khusus kami. Baca juga: Kapal Selam Nanggala-402 Hilang Kontak, Butuh 3 Hari untuk Tahu Nasibnya

"Kementerian Pertahanan Korsel siap mendukung misi pencarian dan penyelamatan Indonesia dengan segala cara yang memungkinkan atas permintaan dari Indonesia," ucapnya, dalam siaran pers Kedutaan Besar Korsel di Jakarta yang diterima Sindonews pada Kamis (22/4/2021).

Dalam pernyataan, kementerian itu mengatakan bahwa pihaknyatelah menyampaikan kesiapan untuk mendukung misi penyelamatan Indonesia melalui saluran diplomatik, setelah mendengar kabar tentang hilangnya KRI Nanggala-402.

"Indonesia meminta bantuan dari negara-negara di sekitarnya seperti Singapura karena urgensi misi penyelamatan dan menjawab kembali keinginan Kementerian Pertahanan Korsel untuk mendukung setelah melakukan diskusi internal di kalangan TNI," ujarnya.

"Menteri Pertahanan Korsel telah menginstruksikan Angkatan Laut untuk mempersiapkan kesiapan penuh untuk dapat berangkat ke Bali bila diminta oleh Kementerian Pertahanan Indonesia untuk bantuan penyelamatan," tukasnya. 

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini