Bos Twitter dan Elon Musk Setuju Bitcoin Dorong Energi Terbarukan, Masa Sih?

Bos Twitter dan Elon Musk Setuju Bitcoin Dorong Energi Terbarukan, Masa Sih? Kredit Foto: Quartz

CEO Tesla Elon Musk setuju dengan bos Twitter Jack Dorsey yang mengatakan bahwa bitcoin mendorong energi terbarukan sehingga dapat mengurangi dampak perubahan. Namun, para ahli memperingatkan sebaliknya.

Pasalnya, menurut penelitian, sebagaimana dilansir dari BBC International di Jakarta, Jumat (23/4/21) jejak karbon cyrptocurrency sama besarnya dengan beberapa kota terbesar di dunia.

Tetapi, Dorsey mengklaim itu bisa berubah jika penambang bitcoin bekerja bergandengan tangan dengan perusahaan energi terbarukan. Negara China yang kekuataannya sebagian besar berasal dari batu bara menyumbang lebih dari 75% penambangan bitcoin di seluruh dunia.

Baca Juga: Tesla Kecelakaan, Elon Musk Pasrah Turun Peringkat dari Daftar Orang Terkaya Dunia

Proses penambangan untuk menghasilkan bitcoin baru melibatkan penyelesaian persamaan matematika yang kompleks sehingga membutuhkan daya komputasi yang besar.

Set transaksi baru ditambahkan ke blockchain bitcoin (buku besar yang mencatat transaksi mata uang kripto) setiap 10 menit oleh penambang dari seluruh dunia.

Dalam sebuah tweet pada hari Rabu, Dorsey mengatakan bahwa bitcoin memberikan insentif pada energi terbarukan. Dan miliarder Elon Musk setuju akan hal itu karena ia ikut menjawab "Benar".

Tweet tersebut muncul setelah rilis White Paper dari perusahaan layanan pembayaran digital milik Dorsey, Square, dan bisnis manajemen aset global ARK Invest.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini