Sumpah Israel Balas Tembakan Rudal Suriah di Dekat Reaktor Nuklir Dimona

Sumpah Israel Balas Tembakan Rudal Suriah di Dekat Reaktor Nuklir Dimona Kredit Foto: AP Photo/Planet Labs

Sebuah rudal permukaan-ke-udara milik Suriah dilaporkan meledak di Israel selatan pada Kamis (22/4/2021). Militer Israel mengatakan insiden itu memicu sirene peringatan di daerah dekat reaktor nuklir rahasia Dimona.

Tidak ada laporan langsung tentang cedera atau kerusakan di Israel.

Baca Juga: Sirene Reaktor Nuklir Meraung-raung di Udara Bikin Rakyat Israel Panik, Ada Apa?

Militer Israel mengatakan, bahwa sebagai tanggapan atas peluncuran tersebut, mereka menyerang beberapa senjata rudal di Suriah, termasuk menembakkan proyektil yang menghantam wilayahnya.

Kantor berita negara Suriah mengatakan pertahanan udara Suriah mencegat serangan Israel yang menargetkan daerah-daerah di pinggiran Kota Damaskus.

"Pertahanan udara mencegat roket dan menjatuhkan sebagian besar dari mereka," kata badan tersebut.

Namun, empat tentara terluka dalam serangan itu dan beberapa kerusakan material terjadi, katanya.

Seorang pembelot militer Suriah mengatakan serangan Israel menargetkan lokasi di dekat Kota Dumair, sekitar 40 km timur laut Damaskus, tempat milisi yang didukung Iran berada.

Area tersebut berulang kali ditargetkan Israel dalam serangan-serangan sebelumnya.

Juru bicara militer Israel mengatakan rudal Suriah telah ditembakkan ke pesawat Israel selama serangan sebelumnya dan tidak mengenai targetnya. Rudal itu, kata jubir, mencapai daerah Dimona.

Rudal Suriah yang meleset dari target yaitu SA-5, salah satu dari beberapa yang ditembakkan ke pesawat angkatan udara Israel, menurut juru bicara itu.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini