Geger Prabowo Didepak dan Ahok Masuk Kabinet, Faktanya...

Geger Prabowo Didepak dan Ahok Masuk Kabinet, Faktanya... Kredit Foto: Instagram Jokowi

Belum juga Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle jilid II di Kabinet Indonesia Maju, seperti yang belakangan ini mewarnai pemberitaan di sejumlah media, muncul video hoax di Facebook yang menghembuskan gosip seputar pencopotan menteri.

Video berdurasi 10 menit yang diposting 3 hari lalu itu, menyebut Presiden Jokowi telah mencopot Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dari jabatannya. Serta rumor masuknya Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke Kabinet Kerja. 

Hingga berita ini diturunkan, video yang diposting pada 17 April lalu, telah dilihat 33 ribu viewer dan 45 kali dibagikan.

Baca Juga: Rizieq Ngamuk Lagi dalam Sidang, Bib... Dengerin Nih Omongan Netizen: Ente Mirip sama Ahok

Berita tersebut dipastikan hoax, karena tidak ada informasi resmi yang menyatakan Jokowi telah mencopot Prabowo dan mengajak Ahok dalam gerbong kabinet.

Apalagi, judul video tersebut juga salah menyebut nama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Nama kabinet pun keliru disebut. Kabinet Indonesia saat ini bernama Indonesia Maju. Bukan Kabinet Kerja seperti dalam video tersebut.

Kabinet Kerja adalah nama kabinet pada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla pada periode 2014-2019.

Sekadar latar, wacana reshuffle kabinet mengemuka setelah Rapat Paripurna DPR menyetujui niat Presiden Jokowi menggabungkan Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta pembentukan Kementerian Investasi dalam Rapat Paripurna Dewan pada Jumat, 9 April 2021.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini