Punya 'Ide Gila' Usai Resign dari Microsoft, Pemuda Rumania Ini Pulang Kampung Jadi Miliarder!

Punya 'Ide Gila' Usai Resign dari Microsoft, Pemuda Rumania Ini Pulang Kampung Jadi Miliarder! Kredit Foto: Unsplash/Franck V

Merantau dari Rumania ke Amerika Serikat (AS) untuk bekerja di Microsoft justru menjadi 'batu lompatan' besar bagi seorang programmer perangkat lunak seperti Daniel Dines. Hari ini, Dines menjadi seorang CEO dan pendiri UiPatch Inc, perusahaan pembuat perangkat lunak otomasi yang baru saja sukses meraup USD1,3 miliar (Rp18 triliun) berkat IPO beberapa waktu lalu di AS.

Dilansir dari Entrepreneur di Jakarta, Jumat (23/4/21) pria berusia 49 tahun itu pun memiliki USD6 miliar (Rp87 triliun) saham di perusahaan tersebut, menjadikannya salah satu dari 500 miliarder teratas di dunia.

Baca Juga: Ketimpangan Makin Nyata, Kekayaan Gabungan Enam Miliarder Ini Kalahkan PDB 13 Negara Bagian AS

Tetap saja, jalan menuju kesuksesan Dines tidaklah mudah. Dines belajar matematika dan ilmu komputer di Universitas Bukares pada saat Rumania masih di bawah pemerintahan diktator Nicolae Ceausescu. Pada konferensi teknologi Montgomery Summit tahun lalu, dia mengungkapkan bahwa dia berimigrasi ke AS pada usia 20-an untuk bekerja di Microsoft pada tahun 2001.

"Bagi seseorang yang berusia 20-an ke AS dari Eropa, merupakan tantangan besar bagi saya untuk beradaptasi dengan Amerika, meskipun secara profesional pengalaman saya di Microsoft sangat bagus," katanya.

Pengalaman bekerja di Microsoft membuatnya kembali ke Rumania dengan 'ide gila'. Ia pun memulai sebuah perusahaan yang saat ini dikenal lewat mengotomatiskan tugas-tugas berketerampilan rendah yang biasanya mengalihdayakan pekerja di negara-negara berupah rendah.

"Saya punya ide gila untuk kembali dan memulai sebuah perusahaan," kenangnya di konferensi tersebut.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini