Komitmen Perusahaan Ventura pada Impact Investing

Komitmen Perusahaan Ventura pada Impact Investing Kredit Foto: Katadata

Pandemi yang melanda Indonesia dan dunia saat ini tidak mengubah komitmen para investor untuk berinvestasi di ekosistem impact investing. Sebut saja Enviu, Patamar Capital, dan East Ventures.

Enviu, Venture Builder, Tauhid Pandji menegaskan komitmen Enviu untuk impact investing. Enviu melihat, permasalahan sosial dan lingkungan di Indonesia sangat banyak. Social enterpries atau wirausaha sosial dalam hal ini startup berperan besar mendorong perubahan.

Baca Juga: BRI Ventures Umumkan secara Resmi Investasi Strategisnya kepada Bukalapak

"Kita lihat sendiri startup sudah membawa banyak sekali perubahan di Indonesia, seperti mendorong digitalisasi ekonomi dan membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat ekonomi bawah. Menurut saya, PR-nya adalah bagaimana startup ini bisa berperan untuk membawa dampak sosial dan lingkungan yang besar juga untuk Indonesia," kata Tauhid dalam webinar Earth Day Forum 2021 dengan tema "Berinvetasi Sekaligus Berdampak Sosial", Jumat (23/4/2021).

Ia menjelaskan, Enviu fokus membantu dan mendampingi startup di circular economy (ekonomi sirkular) mulai dari pendanaan hingga startup dapat masuk ke produk marketship. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi tinggi dalam pertumbuhan startup. Dari sisi pengetahuan dasar, startup sudah besar dan jumlah mentor banyak.

"Ekosistem sudah siap mendukung. Hanya yang belum terpenuhi adalah yang fokus di penanganan ekonomi sirkulasi. Itu tantangannya di mana kita bisa mendorong lebih banyak lagi startup yang fokus di circular economy," ujarnya.

Menurut Tauhid, strategi yang dikembangkan Enviu berupa pendanaan dan pendampingan berhasil membawa startup sukses. Ia menyebut, secara normatif hanya 10% startup yang sukses. Namun, berdasarkan track record Enviu, survival rate startup yang dibimbing Enviu sekitar 80%. Enviu sendiri fokus di ekonomi sirkular yang mendorong perubahan pengolahan sampah platik. Bagaimana mengubah recycling menjadi reuse.

"Indonesia negara kedua terbesar penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Faktanya, dari semua sampah yang dibuang ke tempat sampah itu, hanya 9% didaur ulang. Mayoritasnya miss manage, dibakar atau dibuang di lingkungan misal ke sungai atau laut. Kami melihat perlu ada inovasi, tidak hanya improve sistem yang sudah ada, didaur ulang, kami improve lagi. Kita buat value change lebih efisien," tambahnya.

Partner Patamar Capital, Dondi Hananto, juga menegaskan komitmen investasi pada impact investing. Menurut Dondi, Patamar yang sudah berinvestasi di Asia, Indonesia masuk dalam portofolio kedua setelah India. Ke depan, porsi investasi akan lebih banyak ke Indonesia.

"Sejak kami mulai 2012-2013, ekosistem bisnis rintisan di Indonesai selama delapan tahun, perkembangannya jauh lebih baik. Ekosistem, banyak program inkubator yang mendukung bisnis di fase awal. Pendanaan sudah tersedia. Dibanding Filipina dan Vietnam, jauh berbeda. Hal yang sama juga dari sisi regulasi. Indonesia lebih baik dari Vietnam," tutur Dondi.

Sementara itu, Partner East Ventures Melisa Irene juga menegaskan komitmennya pada impact investing. East Ventures melihat peluang di Indonesia sebagai negara berkembang dengan banyak hal yang beririsan.

"Walaupun kita berinvestasi dengan tujuan skillable, oh ternyata yang terdampak dari perusahaan-perusahaan seperti ini adalah orang-orang bukan bankable dan tersentuh financial services," ujar Melisa.

Ia menambahkan, ketika East Ventures berinvestasi, diharapkan dapat memajukan ekonomi Indonesia dari berbagai sektor yang ada. Terdapat banyak peluang juga East berinvestasi ke perusahaan yang mempunyai potensi besar, tetapi juga mempunyai dampak sosial.

Saat ini, East Ventures telah berinvestasi di 20 perusahaan impact investing. "Ke depannya, kami akan terus berkomiten pada impact investing. Kami baru mengembangkan kapabilitas, tapi ini langkah yang baik. Kami ingin menambah kapabilitas untuk berkomitmen di impact investasi," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini