Usai Duduki Jabatan Ketua Umum, Sekarang Jenderal Moeldoko Bicara Masa Depan Indonesia

Usai Duduki Jabatan Ketua Umum, Sekarang Jenderal Moeldoko Bicara Masa Depan Indonesia Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko, mempunyai mimpi besar untuk Indonesia, yakni bersih dari polusi.

Karena itu, pihaknya pun ingin memanfaatkan bahan baku baterai untuk produksi kendaraan listrik. Menurut dia, masa depan adalah baterai. Baca Juga: Cerita Moeldoko Bersama KRI Nanggala 402 Delapan Tahun Lalu

"Angan-angan saya sejak saya menjabat di gubernur Lemhanas pada 2012, saya berpikir bahwa baterai lithium adalah masa depan dan masa depan adalah baterai dan itu sudah saya pikirkan sejak 2012," katanya, saat deklarasi Periklindo di IIMS Hybrid 2021, Minggu (25/4) kemarin.

Lanjutnya, ia menceritakan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan untuk mewujudkan tersebut adalah dengan terbang ke China untuk meninjau pabrik baterai listrik.

Ia meyakini jika Indonesia juga mampu memproduksi baterai lithium sebagai bahan bakar kendaraan listrik. Baca Juga: Sindiran Telak Demokrat Kubu Moeldoko ke Cikeas: Drakor Ala SBY Udah Nggak Laku Tuh...

"Setelah itu, saya diajak teman saya dari BPPT dan ITB ke Shanghai, untuk lihat baterai listrik. Pada saat saya ke sana, saya melihat pabrik baterai listrik. Saya melihat mobil listrik dan saya merenung, kalau seperti ini saya juga bisa bangun di Indonesia," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan usai mengirim tim untuk belajar terkait baterai di China, pihaknya langsung mendirikan perusahaan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) pada tahun 2016.

"Melalui perdebatan panjang, teman saya yang dari Tiongkok menyerah dan mau bekerja sama dengan saya. Saya kirim tim berpuluhan kali ke Tiongkok dan begitu juga Tiongkok ke Indonesia sebanyak kurang lebih 30 kali untuk melakukan studi," jelas Moeldoko.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini