Teknologi Saat Ini Tak Bisa Lawan Perubahan Iklim, Bill Gates Kasih Solusi!

Teknologi Saat Ini Tak Bisa Lawan Perubahan Iklim, Bill Gates Kasih Solusi! Kredit Foto: Instagram Bill Gates

Miliarder Bill Gates telah bergabung di hari kedua Leaders Summit on Climate secara virtual yang diselenggarakan oleh Presiden Joe Biden. Pendiri Microsoft ini berpesan kepada para pemimpin dunia tentang langkah-langkah penting yang harus mereka ambil untuk menghindari bencana iklim.

Gates mengatakan memerangi perubahan iklim hampir tidak mungkin tercapai dengan teknologi yang ada saat ini. Hal ini karena teknologi nol karbon saat ini lebih mahal dari teknologi yang menggunakan bahan bakar.

Dilansir dari Geek Wire di Jakarta, Senin (26/4/21) lebih lanjut Gates mengatakan untuk membuat produk nol karbon yang terjangkau, para pemimpin harus berinvestasi dalam inovasi dan membangun infrastruktur untuk transisi menuju ekonomi bersih.

Baca Juga: Xi Jinping Perintahkan Buku Bill Gates dkk Dilarang Keras di China, Lho Kenapa?

Dan hal itu membutuhkan tiga langkah, yaitu pertama, kembangkan dan terapkan teknologi terobosan yang memungkinkan kita menghilangkan emisi di seluruh ekonomi fisik.

Kedua, manfaatkan kekuatan pasar untuk mendanai dan menerapkan inovasi ini. Dan terakhir, pemerintah dan perusahaan perlu mengadopsi kebijakan yang akan membuat transisi menjadi lebih cepat dan lebih murah. Para pemimpin perlu memberi penghargaan kepada mereka yang mengambil langkah-langkah berani.

Untuk mencapai tiga hal ini, Gates meminta para pemimpin dunia untuk berkolaborasi. Salah satunya lewat Mission Innovation di mana negara-negara bekerja sama untuk memperluas investasi mereka di penelitian energi bersih.

Selain itu, melalui Breakthrough Energy Ventures yang dimilikinya, Gates memiliki program baru yang disebut Breakthrough Energy Catalyst. Program ini akan mengumpulkan uang dari pemerintah, filantropi, dan perusahaan untuk melakukan investasi besar yang diperlukan untuk menurunkan biaya teknologi hijau.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini