Cek Fakta Bill Gates Redupkan Matahari, Ternyata Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Cek Fakta Bill Gates Redupkan Matahari, Ternyata Ini yang Sebenarnya Terjadi! Kredit Foto: Instagram Bill Gates

Kekayaan Bill Gates telah memungkinkan dia untuk menyumbang dan berinvestasi dalam proyek-proyek besar di seluruh dunia. Meski ia kerap jadi sasaran teori konspirasi, tetapi Gates tetap menyumbang uangnya.

Belum lama ini, pengguna media sosial mengklaim Gates sedang berupaya memblokir sinar matahari untuk memerangi pemanasan global.

Pos tersebut mengacu pada Eksperimen Perturbasi Terkendali Stratosfer Harvard (ScoPeX) yang didukung secara finansial oleh Gates. Tetapi klaim ini ternyata salah. Proyek ini berkisar pada konsep geoengineering, upaya skala besar untuk mengurangi efek perubahan iklim pada lautan, tanah, dan atmosfer.

Baca Juga: Teknologi Saat Ini Tak Bisa Lawan Perubahan Iklim, Bill Gates Kasih Solusi!

Dilansir dari USA Today di Jakarta, Senin (26/4/21) SCoPeX berupaya untuk lebih memahami kemanjuran dan risiko rekayasa geo surya. Untuk melakukannya, para ilmuwan perlu menentukan apakah ada aerosol yang dapat mengurangi atau menghilangkan hilangnya ozon tanpa meningkatkan kemungkinan risiko lainnya.

Eksperimen tersebut melibatkan peluncuran balon ketinggian sekitar 12 mil ke atmosfer. Sejumlah kecil material kemudian dilepaskan untuk menciptakan "massa udara yang terganggu" dengan lebar sekitar 100 yard dan panjang setengah mil. Instrumen yang dibawa oleh balon tersebut berguna untuk perubahan dalam kerapatan aerosol, kimia atmosfer dan hamburan cahaya.

Dengan kata lain, ini adalah proyek berskala sangat kecil, jauh dari klaim pengubah iklim yang muncul di media sosial.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini