Akhirnya, Setelah Penelitian 4 Tahun, Negara Ini Akan Uji Coba Uang Digital!

Akhirnya, Setelah Penelitian 4 Tahun, Negara Ini Akan Uji Coba Uang Digital! Kredit Foto: Coingeek

Bank Sentral Norwegia, Norges Bank, akan menguji sejumlah solusi teknis mata uang digital bank sentral (CBDC) setelah penelitian bertahun-tahun!

Melansir Cointelegraph, Senin (26/4/2021), Norges Bank mengumumkan akan melakukan tes CBDC selama 2 tahun ke depan atas rekomendasi kelompok kerja internal.

"Kelompok kerja berpendapat, motivasi penelitian CBDC diperkuat, sebab banyak bank sentral sedang dalam proses melakukan penelitian serupa, dan beberapa tengah melakukan uji teknis," kata bank itu.

Baca Juga: Terlibat Penipuan Cryptocurrency, 4 Petinggi Bursa Kripto Ini Diringkus!

Baca Juga: Kisah Sukses Startup: Orang Ini Setop Kerja di AS Demi Jadi Produsen Motor Listrik Besar ASEAN

Berdasarkan pengumuman itu, Norges Bank sudah melakukan penelitian CBDC selama 4 tahun terakhir. Menurut Gubernur Bank Sentral Øystein Olsen sistem pembayaran bank sentral memiliki beberapa atribut penting yang tampaknya relevan untuk dikembangkan lebih lanjut dengan menerbitkan CBDC.

Øystein mengatakan, "Perlu pengetahuan tambahan agar kami dapat memutuskan apakah langkah menerbitkan CBDC sudah tepat atau belum."

Norges Bank sudah mempertimbangkan peluncuran aset kripto nasional pada 2018 demi memastikan kepercayaan pada uang dan sistem moneter.

Norwegia memulai penelitian CBDC karena penurunan besar-besaran penggunaan uang tunai. Asal tahu saja, Bangsa Skandinavia merupakan negara yang penggunaan uang tunainya hanya 4%.

Selain Norwegia, sejumlah negara di seluruh dunia juga meningkatkan upaya mengembangkan mata uang digital nasional. Pada awal pekan ini, Bank of England mengumumkan tahap awal studi CBDC untuk pembuatan pound digital.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini