Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Mitsui, Sempat Jadi yang Pertama, Kini Tengah Berjuang Dapatkan Cuan

Kisah Perusahaan Raksasa: Mitsui, Sempat Jadi yang Pertama, Kini Tengah Berjuang Dapatkan Cuan Kredit Foto: Scanpix
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mitsui adalah salah satu perusahaan konglomerat (keiretsu) terbesar di Jepang. Korporasi ini juga menjadi salah satu perusahaan publik terbesar di dunia, sehingga namanya tercatat dalam daftar perusahaan raksasa, Global 500 yang dirilis oleh Fortune.

Catatan finansial Mitsui pada 2020 sedikit membaik dari tahun sebelumnya. Perusahaan sukses membukukan pendapatan sebesar 63,32 miliar dolar AS, dengan kenaikan 0,9 persen per tahun. Namun, keuntungan perusahaan tidak tumbuh atau minus 3,6 persen, yakni hanya mendapat 3,60 miliar dolar.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Roche, Farmasi yang Catatkan Untung Fantastis hingga USD63 Miliar Setahun

Posisi Mitsui dalam Global 500 tahun 2020 di peringkat-172 dunia. Dengan ini, perusahaan mengelola aset sebesar 109,24 miliar dolar.

Perusahaan mungkin tidak mendapat keuntungan besar di tahun 2020, tetapi posisinya masih cukup baik jika dilihat dari performa, meski ada penurunan. Seperti apa perjalanannya?

Dikutip dari berbagai sumber, akan disajikan artikel singkat tentang Mitsui oleh Warta Ekonomi pada Senin (26/4/2021). Simak selengkapnya di bawah ini.

Perusahaan aslinya berasal dari tahun 1673. Raksasa ini didirikan ketika Mitsui Takatoshi (1622–1694), putra pembuat sake, membuka toko tekstil di Ky?to dan Edo (kini Tokyo modern). Keberhasilan toko-toko ini dan selanjutnya memungkinkannya untuk berekspansi ke peminjaman uang dan layanan keuangan lainnya.

Mulai 1691, anggota keluarga Mitsui ditunjuk sebagai pedagang carteran (goy? sh?nin) oleh shogun. Penunjukan ini menguntungkan Mitsui dan memberinya pengaruh yang cukup besar dalam pemerintahan. Pembinaan hubungan yang erat dengan pemerintah menjadi aset besar bagi Mitsui, terutama selama periode Meiji (1868-1912), ketika pemerintah mendorong perkembangan ekonomi yang pesat.

Pada akhir abad ke-19, kepentingan gabungan Mitsui yang muncul berpusat pada perbankan, perdagangan, dan pertambangan, aktivitas yang kemudian didominasi Mitsui. Dewan keluarga yang telah dibentuk pada awal abad ke-18 untuk mengawasi operasi segera menjadi tidak memadai. Dan, pada 1909, itu digantikan oleh perusahaan induk yang dikendalikan oleh keluarga.

Gabungan Mitsui mengalami ekspansi dan diversifikasi yang luar biasa di abad ke-20, menjadi zaibatsu terbesar di Jepang. Pada akhir Perang Dunia II itu terdiri dari sekitar 270 perusahaan. Setelah kekalahan Jepang, zaibatsu Mitsui dipecah oleh otoritas pendudukan AS.

Perusahaan Mitsui independen mulai bergabung kembali pada tahun 1950-an. Berbeda dengan penataan zaibatsu sebelumnya, di mana perusahaan induk yang didominasi keluarga memiliki kendali penuh atas gabungan tersebut, pengelompokan baru ini dicirikan oleh koordinasi kebijakan informal di antara berbagai presiden perusahaan dan oleh tingkat saling ketergantungan finansial di antara perusahaan.

Grup Mitsui terdiri dari beberapa lusin perusahaan, termasuk industri semen, petrokimia, perdagangan, konstruksi, energi, teknik, keuangan dan asuransi, makanan, permesinan, pertambangan, logam nonferrous, real estat, dan perkapalan. Semua firma besar adalah perusahaan multinasional besar yang berbasis di Tokyo atau ?saka dan memiliki kantor serta anak perusahaan di luar negeri.

Selanjutnya, Mitsui and Company Ltd, adalah salah satu perusahaan perdagangan umum terbesar di Jepang dan merupakan komponen utama dari grup Mitsui. Perusahaan ini didirikan sebagai anak perusahaan perdagangan dari gabungan Mitsui pada 1876. Tahun 1950-an beberapa perusahaan perdagangan kecil yang muncul dari anak perusahaan zaibatsu yang dibubarkan berkumpul kembali di sekitar Perusahaan Dagang Daiichi (Daiichi Bussan Kaisha). Perusahaan menggunakan namanya sekarang sejak tahun 1959.

Sebagai pemimpin grup Mitsui, perusahaan mengkoordinasikan aktivitas domestik dan luar negeri dari perusahaan afiliasi.

Hingga akhir 1980-an, saat meletusnya gelembung ekonomi Jepang telah menyebabkan kesulitan yang berkepanjangan bagi sebagian besar konglomerat. Perusahaan perdagangan membangun portofolio saham yang besar dan menjadi terpikat pada pendapatan yang bisa mereka peroleh melalui arbitrase (atau zaiteku, seperti yang dikenal di Jepang). Setelah gelembung pecah, sogo shosha ditinggalkan dengan portofolio besar yang nilainya anjlok; perusahaan-perusahaan tersebut akhirnya terpaksa melikuidasi sebagian besar kepemilikan saham mereka.

Ironisnya, Mitsui terhindar dari banyak kesulitan ini karena keterlibatannya yang naas dalam proyek Bandar Khomeini. Biaya besar yang dikeluarkan perusahaan sebagai akibat dari bencana di Iran membuatnya tidak berinvestasi besar-besaran di zaiteku.

Seluruh dekade tahun 1990-an merupakan tantangan bagi sogo shosha tidak hanya karena efek yang tersisa dari investasi mereka yang terlalu bersemangat pada tahun 1980-an tetapi juga karena ekonomi Jepang yang stagnan pada awal dan pertengahan 1990-an, krisis ekonomi Asia yang dimulai pada tahun 1997 , dan resesi Jepang yang mengikuti yang terakhir. Mitsui sangat terlibat dalam negara bermasalah seperti Thailand dan Indonesia.

Sementara itu berusaha untuk menahan kerusakan yang ditimbulkan oleh krisis --dan resesi Jepang--, Mitsui juga meletakkan rencana untuk pengembangan "kompetensi inti" perusahaan ketiga (yang pertama adalah kegiatan perdagangan tradisional sogo shosha; yang kedua adalah "investasi perusahaan, atau penciptaan arus perdagangan baru di seluruh dunia melalui investasi di perusahaan baru dan industri baru). Mitsui sedang mengejar peluang dalam pembiayaan, untuk mengambil keuntungan dari" ledakan besar "Jepang, deregulasi yang telah lama dinantikan. sektor keuangan, peluang utama untuk mengamankan sumber pendapatan baru.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: