Waduh, Uji Coba Yuan Digital Ancam Dominasi Dompet Digital Ini

Waduh, Uji Coba Yuan Digital Ancam Dominasi Dompet Digital Ini Kredit Foto: Reuters

Apakah kehadiran yuan digital akan mengganggu duopoli WeChat Pay dan Alipay di Negeri Tirai Bambu? Menurut klaim bank sentral, hal itu tak akan terjadi. Namun, sebenarnya bagaimana kebenarannya?

Melansir Reuters, Senin (26/4/2021), 6 bank negara China diam-diam mempromosikan yuan digital di pusat komersial Shanghai, menjelang festival belanja 5 Mei. Mereka membujuk pedagang dan klien ritel mengunduh dompet digital sehingga transaksi selama program uji coba dapat berlangsung dalam yuan digital.

"Orang-orang akan menyadari, pembayaran yuan digital sangat nyaman sehingga tak perlu lagi bergantung pada Alipay atau WeChat Pay," ujar seorang pejabat bank yang terlibat dalam peluncuran uji coba yuan digital Shanghai. Ia menolak namanya disebutkan di media.

Baca Juga: Terlibat Penipuan Cryptocurrency, 4 Petinggi Bursa Kripto Ini Diringkus!

Baca Juga: Akhirnya, Setelah Penelitian 4 Tahun, Negara Ini Akan Uji Coba Uang Digital!

Dalam kata lain, perkembangan mata uang digital nasional China itu terlihat makin siap mengikis dominasi Alipay dan WeChat Pay di sektor pembayaran daring. Langkah itu bertepatan dengan upaya Beijing menekan perilaku antimonopoli sektor internet.

Secara publik, Bank Sentral China (PBOC) mengatakan, "Yuan digital tak akan bersaing dengan Alipay atau WeChat Pay dan hanya berfungsi sebagai redundansi."

Akan tetapi, bank pemerintah yang memasarkan yuan digital secara blak-blakan menggambarkan niat Beijing melemahkan dominasi Alipay dan WeChat Pay.

Sebab, data merupakan aset besar. "Siapapun yang memiliki data akan berkembang pesat. WeChat Pay dan Alipay memiliki 'lautan' data," ujar pejabat perbankan lain yang mempromosikan yuan digital.

PBOC dan Tencent menolak mengomentari permintaan berkomentar. Ant Group juga enggan menanggapi hubungan antara Alipay dan yuan digital.

MYbank yang mendapat dukungan Ant Group merupakan salah satu pihak yang berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan yuan digital. Lembaga itu akan melanjutkan uji coba sesuai pengaturan keseluruhan PBOC.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini