Demi Ambisi Mau jadi Presiden, Anies Rajin Kunjungi Daerah Basis Suara PDIP

Demi Ambisi Mau jadi Presiden, Anies Rajin Kunjungi Daerah Basis Suara PDIP Kredit Foto: Antara/Siswowidodo

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan, ke Jawa Tengah dan Jawa Timur sarat muatan politisnya, terutama demi kepentingan di Pilpres 2024.

Menurutnya secara tersurat kunjungan Anies itu hanya untuk mengamankan pangan warga Jakarta dan keinginan menyejahterakan petani. Hal itu diungkapkan Anies secara tegas saat di Cilacap dan Ngawi.

"Namun demikian, secara tersirat kunjungan Anies ke dua provinsi itu juga dapat dimaknai dalam konteks politis. Sebab, saat singgah di Sragen, bos beras di wilayah tersebut dengan tegas mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024," kata Jamil.

Ia menambahkan nuansa politik ini juga diperkuat dengan kunjungan Anies ke Pondok Pesantren Gontor di Ponorogo untuk sowan kepada ulama.

"Anies juga menginap di Kota Madiun dan bertemu wali kotanya, selain juga bertemu Gubernur Jawa Timur Chofifah Indar Parawansa. Rangkaian pertemuan itu, memang bernuansa politis. Kepada ulama, Anies berupaya mendekatkan diri dengan datang langsung ke Pondok Modern Gontor. Dukungan ulama ini sangat diperlukannya agar nantinya Jawa Timur dapat menjadi lumbung suaranya," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini