Indonesia Kendalikan Covid-19 Sebelum 17 Agustus, Menkes: Mudah-mudahan

Indonesia Kendalikan Covid-19 Sebelum 17 Agustus, Menkes: Mudah-mudahan Kredit Foto: Amiri Yandi/Info Publik/Kominfo Newsroom

Pemerintah kembali mengungkapkan wacananya untuk segera mengendalikan pandemi Covid-19 sebelum ulang tahun Republik Indonesia yang ke-76 yakni tanggal 17 Agustus 2021.

"Mudah-mudahan sebelum 17 Agustus kita bisa memberikan hadiah kepada Republik Indonesia ini," katanya dalam keterangan pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: Ketika Menkes Khawatir Serangan Covid-19 RI Seperti India

Budi menjelaskan, dalam langkah awal pengendalian pandemi, ia berharap jumlah vaksinasi yang sudah berjalan sejak 13 Januari 2021 sudah cukup banyak sebelum tanggal 17 Agustus 2021.

"Jumlah orang yang sudah divaksinasi sudah cukup banyak. Sehingga kita bisa mengendalikan pandemi ini," ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan hal demikian pada Februari. Menurut Wiku, ada beberapa acuan yang dapat dilihat untuk menentukan apakah RI akan mampu mengendalikan pandemi pada 17 Agustus 2021.

"Ada berbagai indikator yang bisa dilihat seperti kasus positif, kasus aktif, kesembuhan, dan kematian," ujar Wiku dalam siaran daring BNPB, Kamis (18/2/2021).

Ini akan menjadi indikator yang menentukan kekuatan Indonesia dalam pengendalian pandemi. Jika ini dipenuhi, maka secara bertahap masyarakat akan terbebas dari pandemi.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini