Alhamdulillah... Indonesia Kembali Terima Vaksin AstraZeneca, Total 4 Juta Dosis Masuk Indonesia

Alhamdulillah... Indonesia Kembali Terima Vaksin AstraZeneca, Total 4 Juta Dosis Masuk Indonesia Kredit Foto: Antara/Novrian Arbi

Indonesia menerima sekitar 3,85 juta dosis vaksin dari COVAX hari ini Senin (26/4) malam. Pengiriman batch pertama vaksin multilateral dari COVAX Facility telah diterima Indonesia pada tanggal 3 Maret 2021, sebesar 1,1 juta.

Dengan kedatangan batch kedua ini maka Indonesia telah menerima vaksin Astra Zeneca dari COVAX Facility sebesar 4.965.600 juta dosis vaksin jadi. Bila digabungkan antara vaksin dari jalur multilateral dan vaksin dari jalur bilateral, maka sejauh ini vaksin yang telah tiba di Indonesia sejumlah 67,465,600 dosis.

Baca Juga: Tingkatkan Akselerasi Vaksinasi, 3,85 juta Dosis Vaksin Dari COVAX Tiba di Tanah Air

"Kita melihat kebutuhan dunia akan vaksin semakin meningkat. Di saat yang sama dengan prihatin kita juga menyaksikan terjadinya gelombang baru di banyak negara dunia serta ditemukannya varian-varian baru di beberapa negara,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers, Senin (26/4/2021).

Dia menambahkan, saat ini telah terjadi perlambatan pengiriman vaksin di seluruh dunia. Keadaan baru ini mengharuskan Pemerintah Indonesia harus bekerja lebih keras agar ketersediaan vaksin yang aman bagi rakyat Indonesia dapat tercukupi.

Vaksin dari COVAX dibawa menggunakan Pesawat Angkut Emirates EK 9258 yang dikemas dalam 38,520 carton kecil dan kemudian dipacking ke dalam 27 Wooden Pallet ukuran masing masing 157 cm x 120cm x 157cm. 

Kedatangan vaksin ini tak lepas dari kerja keras Pemerintah Indonesia yang sejak Oktober 2020 telah menjajaki kerja sama multilateral Covid-19 COVAX, sebuah inisiatif global yang ditujukan untuk akses setara mendapatkan vaksin Covid-19. Covax dipimpin Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI), Organisasi Kesehatan Dunia WHO, dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI).

Melalui mekanisme GAVI COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC), Indonesia memperoleh jatah vaksin COVID sebesar 3-20 persen dari jumlah penduduk.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini