Arsjad Rasjid: Pemulihan Ekonomi Butuh Sinergi Bukan Hanya Pelaku Usaha

Arsjad Rasjid: Pemulihan Ekonomi Butuh Sinergi Bukan Hanya Pelaku Usaha Kredit Foto: WE

Pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Seluruh sektor harus bersinergi bersama-sama baik pelaku usaha, pemerintah, serta sektor lain yang berkepentingan.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid, yang menilai pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 butuh sinergitas segala sektor bukan hanya pelaku usaha. Karena itu, Kadin perlu mengambil peran untuk menjalin kemitraan yang baik antara pelaku usaha dengan pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga kabupaten atau kota.

"Sinergitas itu untuk menentukan sektor usaha mana yang perlu dimaksimalkan, dan perlu diingat potensi masing-masing daerah berbeda. Termasuk bisa bersinergi dengan pemerintah. Juga, perlu memiliki sikap inklusif, kolaboratif," ujar Arsjad Rasjid, Senin (26/4/2021).

Inklusif artinya menjadikan Kadin harus bisa merangkul setiap pelaku usaha dengan beragam skala dan jenis industri. Kadin, harus tumbuh secara inklusif. Kolaboratif menjadikan Kadin sebagai tempat bekerja sama untuk membantu sektor kesehatan dan perekonomian Indonesia.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini