Minyak Sawit: Menyehatkan Ekonomi, Menyehatkan Body

Minyak Sawit: Menyehatkan Ekonomi, Menyehatkan Body Kredit Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas

Kelapa sawit merupakan minyak kelapa sawit yang berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Jika ditinjau dari aspek lingkungan, kehadiran kelapa sawit turut serta membantu menyehatkan lingkungan karena kemampuannya dalam menghasilkan Oksigen (O2) dan menyerap karbondioksida (CO2) yang lebih besar dibandingkan hutan tropis.

Tidak hanya itu, minyak kelapa sawit yang dikonsumsi sehari-hari juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir laman bpdp.or.id, dr Putri Sakti DP, M. Gizi, Sp. GK, AIFO-K membeberkan beragam manfaat dari kelapa sawit.

Baca Juga: Tahun 2021: 2.000 Ton IVO dari Petani Sawit Muba Siap Olah Jadi Bensa

1. Mencegah kanker

Kandungan nutrisi kelapa sawit seperti antioksidan, lemak, dan polifenol mampu mencegah radikal bebas dan menghindarkan dari kanker. Lemak dalam minyak sawit berfungsi sebagai penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Berbeda dengan lemak jenuh, kandungan lemak tak jenuh dalam kelapa sawit juga menghindarkan dari risiko terserang kanker.

2. Mengatasi masalah penglihatan

Salah satu kandungan yang terdapat dalam kelapa sawit adalah betakaroten dan vitamin A. Sebagai salah satu jenis antioksidan dan provitamin A, betakaroten bertugas melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas. Sementara itu, vitamin A sendiri telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan mata.

3. Melembabkan kulit

Di balik popularitasnya sebagai produk untuk dikonsumsi, kelapa sawit juga terbukti secara klinis mampu merawat kulit. Selain mampu menangkal radikal bebas berkat kandungan antioksidan di dalamnya, kelapa sawit juga memiliki sifat seperti moisturizer yang mampu melembabkan kulit.

4. Menghilangkan jerawat

Mengonsumsi minyak kelapa sawit sebagai pelengkap asupan nutrisi mampu menjadi penangkal jerawat dari dalam tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya. Tak perlu dijadikan sebagai toner, nutrisi alami dari minyak kelapa sawit sudah cukup dikonsumsi dengan frekuensi yang tepat untuk mendapatkan segala efek positif terhadap kulit.

5. Menghindarkan obesitas pada anak

Anak-anak yang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan lemak untuk pertumbuhan otak. Kandungan lemak tak jenuh dalam kelapa sawit cocok untuk pertumbuhan otak anak sekaligus menghindarkan dari obesitas.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini