Apa Itu Laporan Kinerja?

Apa Itu Laporan Kinerja? Kredit Foto: Freepik

Laporan kinerja adalah laporan hasil pelaksanaan suatu kegiatan atau pekerjaan perseorangan atau perusahaan atas penggunaan anggaran. Laporan kinerja menjadi bentuk akuntabilitas pelaksanaan suatu tugas. Hal terpenting yang diperlukan dalam penyusunan laporan kinerja adalah pengukuran kinerja dan evaluasi serta pengungkapan (disclosure) secara memadai hasil analisis terhadap pengukuran kinerja.

Tujuannya yakni untuk memberikan informasi kinerja yang terukur kepada pemberi mandat tugas yang seharusnya dicapai. Laporan tersebut akan berisi indikator kinerja yang mengukur pencapaian organisasi dan programnya. Misalnya, untuk departemen kepolisian, laporan tersebut mungkin menunjukkan jumlah penangkapan, jumlah hukuman menurut kategori kejahatan dan perubahan tingkat kejahatan.

Baca Juga: Apa Itu Laba Operasional?

Laporan tersebut dapat membandingkan hasil aktual dengan anggaran atau standar, serta perbedaan antara kedua angka tersebut. Penerima laporan kinerja diharapkan mengambil tindakan bila ada varian yang tidak menguntungkan. Contoh laporan kinerja adalah:

  • Seorang karyawan menerima laporan kinerja tahunan, merinci aktivitasnya versus rencana tindakan aslinya.
  • Seorang manajer proyek menerima laporan kinerja berkala, mencatat kelebihan biaya dan waktu sebagai tonggak proyek terbaru.
  • Pemerintah kota mengeluarkan laporan kinerja tahunan, yang menunjukkan layanan yang diberikan oleh masing-masing departemen kota.

Bagian penting dari laporan kinerja adalah dasar dari mana angka tersebut dihitung. Jika baseline tidak masuk akal, maka hasil apapun yang diperoleh akan menjadi tidak valid. Laporan kinerja disampaikan paling lambat 2 (dua) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini