Sesumbar Sukses Tumpas 'Kubu Moeldoko', AHY Bongkar Langkah Demokrat

Sesumbar Sukses Tumpas 'Kubu Moeldoko', AHY Bongkar Langkah Demokrat Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengungkap tiga faktor utama kunci kesuksesan Partai Demokrat dalam menghadapi Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD), beberapa waktu lalu.

Pertama, AHY mengatakan, kecepatan bertindak dengan melakukan deteksi dan antisipasi menjadi faktor pertama. "Karena pesan singkat (dari para kader) yang dikirimkan kepada saya, itu melengkapi betul apa yang sedang kita investigasi," ujar AHY menilik balik kronologi penanganan GPK-PD dalam keterangannya kepada media, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: 3 Ketua DPC-nya Membelot, Kubu Moeldoko Tuding Ada 'Campur Tangan' Demokrat Kubu AHY

Kedua, AHY melanjutkan, keberanian. Dengan keberaniannya menyampaikannya kepada publik pada tanggal 1 Februari lalu, di mana membongkar upaya GPK-PD tersebut melalui konferensi pers, termasuk mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi karena adanya pencatutan nama Presiden. Langkah ini jugalah yang membuat perubahan atau pun membuat ceritanya menjadi berbeda.

"Jika pihaknya tidak berani, takut-takut, atau diam-diam ketika itu, mungkin Partai Demokrat bisa tidak ada hari ini," ujarnya.

Dan ketiga, kata putra sulung Presiden RI ke-6 ini, karena kekompakan seluruh jajaran dan kader Partai Demokrat. Kalau tidak kompak, tidak solid, tidak bisa juga Partai Demokrat melalui itu dengan baik.

"Jadi tiga ini, kalau salah satu saja absen, ceritanya mungkin berbeda. Itu lah pelajaran yang berharga dari situasi kemarin," pungkas AHY.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini