Situasi Menghangat, Pejabat Thailand Laporkan Pertempuran di Perbatasan Myanmar

Situasi Menghangat, Pejabat Thailand Laporkan Pertempuran di Perbatasan Myanmar Kredit Foto: (Foto/Reuters)

Seorang saksi mata dari Thailand mengatakan terjadi pertempuran besar di timur Myanmar, sebelah barat laut perbatasan Thailand. Belum diketahui apakah ada korban atatu tidak.

"Terjadi pertempuran besar di pos keamanan tentara Myanmar seberang Mae Sam Laep," kata seorang pejabat provinsi dari Mae Hong Son, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Karena Alasan Ini, Obama Ikut Lantang Suarakan Anti-Rezim Militer Myanmar

"Petugas keamanan kami sedang memeriksa situasinya tapi sejauh ini belum ada laporan pertempuran itu berdampak pada wilayah Thailand," tambahnya.

Muncul laporan lain mengenai pertempuran di seberang Sungai Salween. Dalam video yang diunggah di media sosial, terlihat api dan asap hitam membumbung ke langit.

Pada Sabtu (24/4/2021) para pemimpin Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN) sepakat mendesak junta militer Myanmar mengakhiri kekerasan yang terjadi di negara itu. Tapi Jenderal Min Aung Hlaing tidak memberikan respons secara eksplisit mengenai permintaan agar petugas keamanan berhenti membunuh pengunjuk rasa.

"Ini di luar ekspektasi kami," kata Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yasin.

"Kami tidak untuk tidak terlalu menuduh ke pihaknya karena kami tidak peduli siapa yang memicunya, kami hanya menekankan kekerasan harus berakhir, baginya, pihak lain yang menimbulkan masalah, tapi ia sepakat kekerasan harus diakhiri," kata Muhyiddin.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini