Ada Larangan Mudik Lebaran, Pertamina Tetap Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM

Ada Larangan Mudik Lebaran, Pertamina Tetap Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM Kredit Foto: Mochamad Ali Topan

PT Pertamina (Persero) tetap mengantisipasi potensi lonjakan konsumsi energi, baik BBM maupun elpiji, meskipun pemerintah telah memberlakukan larangan mudik.

"Kami berkomitmen melayani kebutuhan energi agar masyarakat dapat menikmati Ramadan dan Idulfitri dengan tenang. Untuk itu, Pertamina membentuk Tim Satgas Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran Penyaluran BBM, Avtur, dan LPG yang bekerja di seluruh wilayah Tanah Air,” kata SVP Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto, dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: Duh! Tak Ada Pembatalan, Harga BBM Pertamax Cs Tetap Naik

Untuk gasoline, Pertamina melakukan antisipasi kenaikan hingga 8 persen dari rerata normal sebesar 84 ribu Kilo Liter (KL) per hari. Prediksi kenaikan tipis terjadi pada Gasoil, yakni 2 persen dari rerata normal sebesar 38 ribu KL per hari.

Selama periode Satgas RAFI 2021, konsumsi LPG diprediksi naik mencapai 5,4 persen dari kondisi normal sebesar 25 ribu Metrik Ton/hari. Berbeda dengan produk lainnya, untuk Avtur diperkirakan turun 3,8 persen dari rerata normal sebesar 6 ribu KL per hari.

Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (Satgas RAFI) PT Pertamina (Persero) tahun 2021 resmi mulai bertugas mengamankan kebutuhan energi masyarakat di seluruh Indonesia. Satgas RAFI akan bertugas mulai 26 April hingga 31 Mei 2021.

Agus mengatakan, tahun ini adalah kedua kalinya Satgas RAFI bekerja dalam situasi pandemi Covid-19. Untuk itu, Pertamina tetap akan menjalankan protokol kesehatan secara ketat di seluruh lini suplai point hingga outlet BBM dan LPG sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Selama masa Satgas RAFI, kata Agus, Pertamina telah menyiagakan 114 Terminal BBM dan 7.469 SPBU, 23 Terminal LPG, 667 SPBBE, Agen LPG 4972, dengan 223.322 outlet di seluruh Indonesia. Untuk melayani angkutan udara, Pertamina juga menyiagakan 68 DPPU.

"Satgas RAFI 2021 juga akan tetap menyiapkan layanan tambahan seperti mobil tangki Pertamina yang stand by, Pertashop, Motorist, Mobile Dispenser, dan Agen Siaga," katanya.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini