Cara Halus Anies Gerogoti Kandang Banteng dan Mbak Puan

Cara Halus Anies Gerogoti Kandang Banteng dan Mbak Puan Kredit Foto: Antara/Siswowidodo

Pengamat Politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menilai safari politik yang dilakukan Anies Baswedan dengan bungkus kunjungan kerja Gubernur ke Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah upaya menggerogoti kandang banteng alias suara basis wilayah PDIP.

Padahal diketahui, PDIP digadang gadang akan mengusung sang putri mahkota, Puan Maharani. Puan dinilai bisa kecolongan dengan manuver halus Anies Baswedan tersebut.

"Bisa jadi kecolongan, pergerakan Anies ke Jateng dan Jatim memang tidak terduga sebelumnya. Apalagi yang dikunjungi Anies itu dapat dikatakan basis merah," kata Jamil, Selasa (27/4/2021).

Setelah Jateng dan Jatim, Anies juga dikabarkan akan mengunjungi Sumedang, Jawa Barat, selesai lebaran. Jawa Barat, diketahui sebagai lumbung suara terbesar pertama setelah Jawa Timur di urutan kedua dan Jawa Tengah di urutan ke tiga lumbung suara nasional.

"Upaya Anies untuk mendapat dukungan dari tiga provinsi itu tentu strategi cerdas. Sebab, kalau tiga provinsi itu dikuasai, termasuk juga DKI Jakarta yang merupakan basisnya, maka peluang menang pada pilpres makin terbuka. Apalagi kalau Anies juga mendapat dukungan dari Banten dan Yogyakarta, maka aroma menjadi presiden tinggal menunggu waktu saja," kata Jamil.

Sementara Puan, selain elektabilitasnya belum 'ngangkat', pergerakan politik Ketua DPR RI itu beserta relawannya tampak belum terkonsep, baik dariĀ positioning Puan, pengkoordinasiannya, maupun publisitas yang terkesan masih tanpa arah.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini