Anies Pamer Foto Tidur di Kamar Kyai Ageng Muhammad Besari, Jangan Kaget!

Anies Pamer Foto Tidur di Kamar Kyai Ageng Muhammad Besari, Jangan Kaget! Kredit Foto: Ist

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan akhirnya kesampean juga ziarah dan silaturahmi ke Desa Tegalsari, Ponorogo usai kunjungan kerja dalam rangka kerja sama ketahanan pangan ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Anies mengaku sudah lama ingin ziarah ke Ponorogo.

Tahun 2009, Anies menerima amanah untuk memanfaatkan dan mengurus sebuah Joglo yang usianya lebih dari 300 tahun. Sejak itu, ia berkeinginan untuk bisa menjenguk lokasi asalnya yaitu Desa Tegalsari.

Joglo yang diamanahkan itu adalah warisan dari keluarga ulama besar Kyai Ageng Muhammad Besari (wafat 1747M), yang merintis padepokan Gebang Tinatar sekitar tahun 1700-an. Pusat pendidikan agama ini lalu membesar dan berperan sentral di masanya.

Baca Juga: Makin Hot! Loyalis Anies Vs Ferdinand Saling Serang: Otak Dikit Bacot yang Gede..

“Dari keturunan Kyai Ageng Besari dan dari pondok ini lahir dan bermunculan ulama, kyai, tokoh yang luar biasa banyaknya dan besar pengaruhnya di tanah Jawa. 

Padepokan atau Pondok Tegalsari inilah cikal bakal konsep pondok pesantren yang kita kenal saat ini,” kata Anies dikutip dari instagram pada Selasa, 27 April 2021.

Selanjutnya, Anies menceritakan kisah bisa ziarah hingga bermalam di Tegalsari, Ponorogo. Rencana semula, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini silaturahmi di Tegalsari sampai Maghrib lalu kembali ke Madiun, dan menginap di sebuah hotel di sana. 

Tapi dzuriyah, keluarga keturunan, meminta untuk bermalam di Ndalem Ageng supaya bisa ngobrol lebih panjang.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini