Haduh, Facebook Bisa Rugi Karena Pembaruan iOS 14.5 di iPhone, Kok Bisa?

Haduh, Facebook Bisa Rugi Karena Pembaruan iOS 14.5 di iPhone, Kok Bisa? Kredit Foto: Unsplash/Zhiyue Xu

Apple meluncurkan iOS 14.5, pembaruan perangkat lunak terbaru bagi perangkat iPhone-nya; menyematkan berbagai fitur baru seperti pembaruan Siri, Podcast, hingga Apple News.

Namun, yang jadi sorotan ialah perubahan privasi baru Apple yang memberi lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap aplikasi yang ingin melacak lokasi pengguna demi kepentingan iklan.

Secara khusus, Facebook mengkhawatirkan perubahan itu. "Karena pembaruan itu dapat membatasi kemampuan Facebook dalam menargetkan iklan secara efektif kepada pengguna iPhone," begitu bunyi laporan yang dikutip dari CNBC Internasional, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Elon Musk Untung Karena Bitcoin, Komitmen Investasi Kripto Tesla Gak Main-Main

Baca Juga: Widih! Hotel Mewah Ini Terima Pembayaran Pakai Bitcoin Loh

Perubahan kebijakan privasi itu tampaknya akan berdampak besar pada cara periklanan seluler di ekosistem iOS. Pengguna nantinya akan mendapat notifikasi permintaan izin melacak lokasi oleh aplikasi/pengiklan. Sebagai contoh, aplikasi A akan memberi tahu pengguna terkait pengalaman iklan lebih baik jika ia mengizinkan pelacakan.

Banyak perusahaan mengandalkan iklan daring yang mengatakan, "Perubahan privasi akan mengurangi efektivitas dan profitabilitas iklan bertarget."

Facebook bahkan melakukan kampanye yang menentang perubahan itu, karena tampaknya perusahaan akan kehilangan sebagian pendapatan iklan bertarget.

Analis di MKM Partners mengatakan, "Perubahan Apple akan berdampak lebih besar." Namun, dampak fundamentalnya hanya berjalan singkat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini