Apa Itu Brand Community?

Apa Itu Brand Community? Kredit Foto: Istimewa

Jika Anda sedang mencari cara untuk memperkuat nama brand Anda dan ingin melakukan percakapan yang lebih baik dengan pelanggan, maka Anda perlu membangun brand community.

Brand community akan mengumpulkan pelanggan setia Anda di satu tempat, yang bisa menjadi keberhasilan besar bagi brand apa pun. Plus, komunitas ini akan menyenangkan hati audiens Anda untuk bisa mengobrol dengan orang-orang yang memiliki pikiran dan minat yang sama.

Baca Juga: Apa Itu Brand Positioning?

Untuk membantu Anda lebih memahami apa sebenarnya brand community itu, mengapa brand community sangat penting bagi bisnis Anda, dan cara membangun komunitas yang sukses, mari kita simak penjelasan singkat ini.

Mengenal Apa Itu Brand Community

Sederhananya, brand community bertujuan untuk menampilkan loyalitas terhadap sebuah brand Anda. Orang-orang yang berada di komunitas ini akan terikat secara emosional; mereka akan membeli produk dari perusahaan Anda, mencerna konten buatan Anda, memberi tahu teman dan keluarga mereka tentang perusahaan Anda, dan masih banyak lagi.

Tetapi, brand community tidak sama dengan brand awareness. Hanya karena seseorang mengetahui atau telah membeli produk buatan brand Anda, bukan berarti mereka adalah bagian dari komunitas yang terlibat atau bahkan dapat terlibat dengan brand Anda.

Sebaliknya, brand community Anda adalah orang-orang yang telah mengikuti semua konten Anda di media sosial, yang berbagi produk atau layanan beserta konten Anda dengan orang lain, dan seseorang yang senang melihat semua yang dilakukan oleh brand Anda.

Jadi, brand community adalah tempat di mana orang-orang yang memiliki hubungan emosional dengan brand Anda dapat terhubung satu sama lain dan dengan brand Anda.

Tidak peduli bagaimana cara mereka diciptakan, tujuan dari hubungan emosional ini adalah untuk membangun hubungan yang akan membentuk komunitas bagi brand Anda.

Apa manfaat yang bisa Anda peroleh dari pembentukan hubungan ini dan memiliki brand community? Brand community tidak hanya dapat mengurangi penggunaan iklan atau pemasaran lainnya, tetapi yang lebih penting adalah cara ini dapat membuat pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan dari transaksi berulang yang dilakukan oleh pelanggan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini