Apa Itu Brand Management?

Apa Itu Brand Management? Kredit Foto: Indianaexpress.com

Brand yang Anda miliki bukan hanya seputar produk atau layanan saja. Kenyataannya, makna yang terkandung dalam brand lebih jauh dari itu semua, karena bisa berpengaruh ke perusahaan lain. Brand juga merangkul nilai-nilai inti organisasi Anda, dan meluas ke setiap hubungan dan interaksi yang Anda miliki dengan pelanggan, pemasok, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan kata lain, citra brand Anda adalah ciri khas dari perusahaan yang Anda miliki.

Brand management dapat memainkan peranan penting dalam menjaga reputasi Anda dan memastikan orang yang mengalaminya sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: Apa Itu Brand Community?

Mengenal Apa Itu Brand Management

Brand management adalah salah satu fungsi pemasaran yang menggunakan teknik untuk meningkatkan nilai dari suatu lini produk atau brand dari waktu ke waktu. Brand management yang efektif memungkinkan kenaikan harga produk dan membangun pelanggan setia melalui asosiasi serta citra brand yang positif, hingga menciptakan brand awareness yang kuat.

Mengembangkan rencana strategis untuk mempertahankan ekuitas brand atau mendapatkan nilai suatu brand membutuhkan pemahaman yang komprehensif tentang brand itu sendiri, target pasarnya, dan visi perusahaan secara keseluruhan.

Manajemen merek dimulai dengan memiliki pengetahuan menyeluruh tentang istilah "merek". Itu termasuk mengembangkan janji, membuat janji itu dan memeliharanya. Ini berarti mendefinisikan merek, memposisikan merek, dan menyampaikan merek. Manajemen merek tidak lain adalah seni menciptakan dan mempertahankan merek. Pencitraan merek membuat pelanggan berkomitmen pada bisnis Anda. Merek yang kuat membedakan produk Anda dari pesaing. Ini memberikan citra berkualitas untuk bisnis Anda.

Brand management mencakup pengelolaan karakteristik brand yang berwujud dan tidak berwujud. Dalam hal produk, benda berwujud meliputi produk itu sendiri, harga, kemasan, dan lainnya. Sedangkan dalam hal layanan, benda berwujud meliputi pengalaman pelanggan. Sedangkan benda yang tidak berwujud itu adalah hubungan emosional dengan produk atau layanan.

Bagaimana Cara Kerja Brand Management?

Brand memiliki pengaruh yang kuat untuk menciptakan keterlibatan pelanggan, persaingan di pasar, dan manajemen perusahaan. Kehadiran brand yang kuat di pasar bisa membedakan produk perusahaan tersebut dari pesaingnya dan menciptakan ketertarikan pada produk atau layanan perusahaan tersebut.

Brand yang sudah mapan harus terus menjaga citranya melalui brand management. Manajemen brand yang efektif meningkatkan brand awareness, mengukur dan mengelola ekuitas brand itu sendiri, mendorong inisiatif yang mendukung pesan brand yang konsisten, mengidentifikasi dan mengakomodasi produk baru, dan secara efektif memposisikan brand tersebut di pasar.

Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun sebuah brand, namun ketika muncul ke permukaan, brand tersebut harus tetap dipertahankan melalui inovasi dan kreativitas. Contoh brand terkenal yang telah memantapkan diri sebagai pemimpin di industrinya masing-masing selama bertahun-tahun adalah Coca-Cola, McDonald's, Microsoft, IBM, Procter & Gamble, CNN, Disney, Nike, Ford, Lego, dan Starbucks.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini