Satgas Covid-19 Sebut Stok Vaksin Aman

Satgas Covid-19 Sebut Stok Vaksin Aman Kredit Foto: Antara/Umarul Faruq

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir akan stok vaksin Covid-19.

"Masyarakat jangan khawatir khawatir kekurangan suplai vaksin," katanya dalam konferensi pers virtual, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Bio Farma Terima Vaksin AstraZeneca Gelombang Dua

Indonesia menerima sekitar 3,85 juta dosis vaksin dari COVAX kemarin Senin (26/4) malam. Pengiriman batch pertama vaksin multilateral dari COVAX Facility telah diterima Indonesia pada tanggal 3 Maret 2021, sebesar 1,1 juta.

Dengan kedatangan batch kedua ini maka Indonesia telah menerima vaksin Astra Zeneca dari COVAX Facility sebesar 4.965.600 juta dosis vaksin jadi. Bila digabungkan antara vaksin dari jalur multilateral dan vaksin dari jalur bilateral, maka sejauh ini vaksin yang telah tiba di Indonesia sejumlah 67,465,600 dosis.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga sudah menghimbau kepada pemerintah daerah agar mengembalikan volume penyuntikkan vaksin ke semula.

Alasannya, stok vaksin untuk bulan Mei, Indonesia akan memiliki jumlah yang cukup banyak.

Ia juga mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo juga telah melakukan lobi dengan Presiden China Xi Jinping agar diberikan dosis lebih vaksin Sinovac.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini