China Kirim 3 Kapal Perang ke LCS, Pengamat Militer Spontan Nilai Langkah Itu sebagai...

China Kirim 3 Kapal Perang ke LCS, Pengamat Militer Spontan Nilai Langkah Itu sebagai... Kredit Foto: CSIS Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI)

Angkatan Laut China menugaskan tiga kapal perang sekaligus ke wilayah Laut China Selatan. Media Beijing pada hari Minggu melaporkan ketiga kapal perang yang ditugaskan itu termasuk sebuah kapal serbu amfibi besar.

China Central Television (CCTV), media yang dikelola pemerintah, melaporkan bahwa upacara commissioning diadakan di pelabuhan Angkatan Laut Sanya di pulau selatan Hainan pada hari Jumat (23/4/2021), dengan dihadiri oleh Presiden Xi Jinping.

Baca Juga: Dikawal Kapal Perang, Armada Kapal Induk Queen Elizabeth Bakal Bermanuver di Asia, Kapan?

Xi dilaporkan memberikan bendera militer kepada kapten kapal dan naik ke kapal.

Para pengamat militer yang dikutip NHK World mengatakan kapal-kapal itu mungkin juga dikerahkan dalam misi di sekitar Taiwan, tetapi kemungkinan akan menimbulkan kekhawatiran khusus di antara negara-negara yang memiliki klaim maritim yang jadi sengketa dengan China karena kemampuan ofensif militer Beijing.

Selain China, wilayah Laut China Selatan juga diklaim oleh Malaysia, Filipina, Vietnam, Brunei dan Taiwan.

Surat kabar Global Times, yang berafiliasi dengan Partai Komunis China, melaporkan bahwa ketiga kapal perang yang ditugaskan adalah kapal serbu amfibi Type 075, kapal perusak besar, dan kapal selam rudal balistik strategis bertenaga nuklir.

Para pengamat mengatakan pengerahan ketiga kapal itu mewakili perkembangan pesat kemampuan Angkatan Laut China, serta kesiapan Beijing untuk memperluas aktivitasnya di Laut China Selatan dan sekitar Taiwan.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini