Blunder! Bill Gates Dikecam Gegara Bilang Resep Vaksin Tak Boleh Dibagikan ke Negara Berkembang

Blunder! Bill Gates Dikecam Gegara Bilang Resep Vaksin Tak Boleh Dibagikan ke Negara Berkembang Kredit Foto: Instagram/Bill Gates

Miliarder filantropi Bill Gates belakangan mendapat kecaman dari orang-orang lantaran mengatakan formula vaksin tidak boleh dibagikan dengan negara-negara berkembang.

Selama wawancara dengan Sky News pada hari Minggu kemarin, Gates ditanya apakah akan membantu jika mencabut perlindungan kekayaan intelektual dan membagikan resep vaksin kepada dunia. Gates dengan tegas menyatakan tidak.

Baca Juga: Bitcoin Makin Digemari, Bill Gates Justru Khawatir Ancaman Ini

"Hanya ada begitu banyak pabrik vaksin di dunia dan orang-orang sangat serius tentang keamanan vaksin. Jadi memindahkan sesuatu yang belum pernah dilakukan, memindahkan vaksin, katakanlah, dari pabrik [Johnson & Johnson] ke pabrik di India, itu aneh, hanya karena hibah dan keahlian kami yang dapat mewujudkannya." ujar Gates sebagaimana dikutip dari Yahoo Finance di Jakarta, Rabu (28/4/21).

Lebih lanjut, Gates mengatakan bahwa membawa resep vaksin ke suatu negara membutuhkan persetujuan pemerintah. Selain itu juga butuh dilakukan uji coba dan setiap proses pembuatan harus dilihat dengan sangat hati-hati.

Namun, pendapat pendiri Microsoft ini malah mendapat kecaman dari banyak pihak. Salah satunya dari Profesor Hukum Universitas Essex Tara Van Ho. Ia menyayangkan kata-kata seperti itu keluar dari seorang Bill Gates.

“Gates berbicara seolah-olah semua nyawa yang hilang di India tidak dapat dihindari tetapi pada akhirnya Barat akan membantu ketika pada kenyataannya AS & Inggris menahan kaki mereka di leher negara-negara berkembang dengan menolak untuk melanggar perlindungan [hak kekayaan intelektual]. Itu menjijikkan."

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini