Apa Itu Laporan Laba Rugi?

Apa Itu Laporan Laba Rugi? Kredit Foto: Freepik

Laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan utama yang berisikan infromasi pengeluaran, pendapatan dan laba rugi yang diperoleh perusahaan dalam periode tertentu. Laporan ini umumnya dibuat pada akhir tahun periode bisnis.

Keberadaan laporan laba rugi dapat mempermudah investor untuk memahami kinerja dan perkembangan perusahaan sebagai landasan keputusan berinvestasi. Bila pendapatan lebih besar dari nilai beban, maka perusahaan memperoleh laba. Sebaliknya jika beban lebih besar dari pendapatan, maka perusahaan dapat dikatakan merugi. 

Baca Juga: Apa Itu Laba Operasional?

Fungsi Laporan Laba Rugi adalah menunjukkan performance atau kinerja keuangan perusahaan. Seluruh pendapatan dan biaya atau beban disajikan dalam laporan ini. Informasi yang disajikan tersebut dapat juga digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan pada masa sebelumnya.

Laporan laba rugi juga dapat menjadi landasan evaluasi keuangan perusahaan. Akumulasi dari total transaksi keuangan dalam satu periode dapat dijadikan data untuk laporan. Data transaksi keuangan yang lengkap secara jelas mencatat asal usul munculnya data tersebut.

Selain itu juga dapat mengetahui perkembangan perusahaan dan landasan pengambilan keputusan terkait pembiayaan perusahaan.

Komponen dalam Laporan Laba Rugi

Setiap perusahaan pastinya memiliki laporan laba rugi yang berbeda. Namun, komponen atau item laporan laba rugi mereka biasanya sama, yaitu sebagai berikut:

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini