Duitnya Rp1.595 Triliun, Begini Cara Mark Zuckerberg Habiskan Uang

Duitnya Rp1.595 Triliun, Begini Cara Mark Zuckerberg Habiskan Uang Kredit Foto: Instagram Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg adalah salah satu orang terkaya di dunia dengan harta kekayaan USD110 miliar atau setara dengan Rp1.595 triliun, berdasarkan data Forbes. Sepanjang karirnya, Mark Zuckerberg tak hanya memiliki Facebook, tetapi juga Instagram hingga WhatsApp.

Sembilan tahun lalu, Facebook sukses melantai di bursa saham New York sebagai IPO terbesar dalam sejarah teknologi. Namun, Zuck hanya minta digaji USD1 dalam satu tahun, tetapi kekayaannya tetap meroket hingga hari ini.

Meski demikian, Zuck beserta istri dan kedua putrinya terkenal dengan hidup yang sederhana. Pria berusia 37 tahun ini bahkan kerap tampil dengan pakaian sederhana, yakni hanya kaos, jaket dan celana jeans. Tetapi, beberapa media mengungkap bahwa pakaian Zuckerberg lebih mahal dari yang dibayangkan banyak orang.

Baca Juga: Asyik! Mark Zuckerberg Bilang Instagram Bakal Hadirkan Fitur Baru untuk Datangkan Cuan!

Selain itu, Zuck juga suka mengemudikan mobil yang relatif murah. Tetapi, ia juga tetap memiliki mobil mewah. Zuck dikabarkan menghabiskan banyak uang untuk membeli satu mobil sport Pagani Huayra Italia yang dijual sekitar USD1,3 juta atau sekitar Rp18,8 miliar.

Meski terlihat hidup sederhana, tetapi Zuck tidak segan-segan keluar uang untuk membeli properti. Pada bulan Mei 2011, Zuckerberg membeli rumah seluas 464 meter persegi di Palo Alto, California seharga USD7 juta. Setelah itu, setahun kemudian, ia membeli beberapa rumah di sekitar rumah tersebut. Ia menghabiskan USD30 juta untuk membeli empat rumah dan merenovasinya.

Zuck juga membeli sebuah Townhouse di tengah kota San Fransisco, dengan luas 510 meter persegi dan menghabiskan biaya renovasi sebesar USD1 juta. Selain itu, ayah dua anak ini juga memiliki dua properti bernilai USD59 juta di danau Tahoe, yang berada di perbatasan California dan Nevada.

Di luar California, Zuckerberg membeli hunian mahal di Hawaii. Zuck membeli lahan seluas 144 Hektar yang merupakan bekas perkebunan tebu, serta resort dengan pantai pasir putih seluas 159 hektar, yang keduanya di pulau Kauai.

Selebihnya, uang Zuckerberg juga banyak ia gunakan untuk beramal. Zuckerberg dan istrinya juga ikut menuliskan janjinya di situs Giving Pledge. Ia pun mendirikan Chan Zuckerberg Initiative (CZI), sebagai organisasi nirlaba untuk memberi akses pembelajaran gratis, layanan kesehatan hingga pemberdayaan komunitas. Hingga saat ini, CZI telah menyalurkan USD 2 miliar atau sekitar Rp29 triliun dana hibah.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini