Perkataan Biden Terkait Peristiwa 1915 Spontan Dibalas Parlemen Turki

Perkataan Biden Terkait Peristiwa 1915 Spontan Dibalas Parlemen Turki Kredit Foto: AP Photo/Andrew Harnik

Parlemen Turki pada Selasa (27/4/2021) mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tentang klaim yang diberikan Armenia tentang peristiwa pada tahun 1915.

"Sebagai Parlemen Turki, kami dengan menyesal dan sangat mengutuk pernyataan Presiden AS Joe Biden dengan pernyataannya pada 24 April 2021 untuk mengadopsi klaim lobi Armenia soal Peristiwa 1915," kata deklarasi bersama oleh partai-partai politik Turki.

Baca Juga: Turki Jangan Khawatir, Sikap Pakistan Ini Bisa Perkuat Posisi dari Amerika

"Kami menolak keras fitnah tak berdasar ini, yang tidak memiliki arti selain distorsi sejarah dengan motif politik," ungkap mereka.

Parlemen meminta Biden untuk memperbaiki kesalahannya dengan mengubah pernyataannya tentang Peristiwa 1915.

"Kami menyerukan Biden untuk mendukung rakyat Turki dan Armenia untuk hidup dalam perdamaian, stabilitas dan keamanan," tambah pernyataan bersama itu.

Pada Sabtu, Biden menyebut Peristiwa 1915 sebagai "genosida", yang melanggar tradisi lama yang dipegang oleh presiden AS untuk tidak menggunakan istilah tersebut.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini