Situasi Memanas, Gagahnya 3 Kapal Cepat Iran Siap Bentrok dengan Armada Perang Amerika

Situasi Memanas, Gagahnya 3 Kapal Cepat Iran Siap Bentrok dengan Armada Perang Amerika Kredit Foto: AP Photo

Situasi di Teluk Persia terus memanas, setelah tiga kapal cepat milik satuan elite Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) kembali menghadang dua kapal Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces), Selasa (27/4/2021) malam waktu setempat.

Menurut laporan yang dikutip dari Fox News, dua kapal militer Amerika Serikat (AS) yang tengah melakukan patroli di Teluk Persia, USS Firebolt dan USCGC Baranoff, dihadang oleh tiga kapal perang Angkatan Laut Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGCN).

Baca Juga: Mengerikan, Dipepet Tiga Kapal Iran, Kapal Perang AS Terpaksa Lepaskan Tembakan Peringatan

Militer Iran menggunakan kapal cepat jenis Fast Inshore Attack Craft (FIAC), untuk memblokade laju dua kapal militer Amerika itu. 

Sontak, pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) yang berada di kapal perang USS Firebolt memberikan peringatan terhadap ketiga kapal cepat Iran. Namun demikian, peringatan pasukan Amerika sama sekali tak digubris. 

Akhirnya, meriam USS Firebolt pun menembakkan munisi sebagai peringatan keras terhadap ketiga kapal milik satuan elite militer Iran. Tembakan itu membuat tiga kapal perang Iran kocar-kacir dan secara perlahan menjauh dari dua kapal militer Amerika itu.

6088cae27a039-viva-militer-kapal-penjaga-pantai-amerika-dihadang-kapal-perang-iran_663_372.jpg

"Tindakan IRGCN meningkatkan risiko salah perhitngan dan tabrakan. Itu tidak sesuai dengan aturan lalu lintas laut internasional yang diakui pada Konvensi Peraturan Internasional untuk Mencegah Tabrakan Laut (COLREGS)," bunyi pernyataan Angkatan Laut Amerika Serikat.

"Pasukan Angkatan Laut AS terus waspada dan dilatih untuk bertindak secara profesonal. Sementara, perwira komando kami mempertahankan hak yang ada untuk bertindak dalam membela diri," lanjut pernyataan Angkatan Laut AS.

Penghadangan yang dilakukan oleh kapal-kapal perang Korps Garda Revolusi Islam Iran adalah yang kedua terjadi bulan ini. Sebelumnya pada 2 April 2021, tiga kapal perang IRGC juga menghadang dua kapal Penjaga Pantai AS (US Coast Guard), USCGC Monomoy dan USCGC Wrangell.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini