Jaga Kearifan Lokal, Pemprov Jabar Revitalisasi Ruang Terbuka Publik

Jaga Kearifan Lokal, Pemprov Jabar Revitalisasi Ruang Terbuka Publik Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berupaya meningkatkan kreativitas dan produktivitas masyarakat dengan merevitalisasi ruang terbuka publik (RTP) di seluruh kabupaten/kota. Tujuannya untuk menjaga kearifan lokal warga di masing-masing daerah.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Jawa Barat Boy Iman Nugraha mengatakan dengan adanya ruang terbuka yang bisa diakses siapapun, maka interaksi sosial masyarakat akan terbangun. Baca Juga: 680 Ribu Warga Jabar Dapat Jatah Makanan Buka Puasa

"RTP bisa untuk rekreasi atau sebagai ruang berekspresi masyarakat. Di hampir semua daerah, ruang terbuka publik atau alun-alun ini sesuai dengan historis perkembangan kotanya," kata Boy kepada wartawan di Bandung, Rabu (28/4/2021).

Keberadaan RTP ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab, menurutnya ruang terbuka yang representatif mampu meningkatkan indeks kebahagiaan warga.

"Imun kesehatan warga juga akan meningkat. Dengan kondisi yang sehat, diharapkan kreativitas dan produktivitas warga akan meningkat," ujarnya. Baca Juga: PDIP Jabar Teriak-Teriak: Stop Buah Impor!

Seperti diketahui, sejak Kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil pihaknya menganggarkan untuk revitalisasi RTP baik yang lahannya milik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Program tersebut dilakukan dengan menggunakan skema bantuan keuangan ke pemerintah daerah untuk RTP milik kabupaten/kota, dan pembangunan langsung oleh pihaknya untuk lahan milik provinsi.

"Ada juga yang CSR untuk di lahan provinsi. Yang CSR baru satu, di alun-alun Paamprokan, Pangandaran," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini