Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet Lagi Setelah Lebaran?

Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet Lagi Setelah Lebaran? Kredit Foto: WE

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut akan kembali melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju setelah Lebaran Idul Fitri 2021.

Sebelumnya, Rabu (28/4/2021) Jokowi telah melakukan reshuffle kabinet setelah adanya perubahan nomenklatur kementerian. Dimana ada dua menteri dan satu kepala badan yang dilantik Jokowi.

Pertama Nadiem Makarim dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek). Kemudian, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, serta Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Baca Juga: Lolos dari Lubang Jarum Reshuffle, Moeldoko Masih Kuat Bentengi Jokowi dari Serangan Politik

Direktur Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri Satrio, mengatakan, jika benar akan ada reshuffle setelah Lebaran maka diharapkan menjadi reshuffle terakhir sebelum Pemilihan Presiden tahun 2024.

“Ya enggak apa-apa kalau pak Jokowi mau reshuffle lagi. Mudah-mudahan saja nanti yang setelah Lebaran itu reshuffle terakhir sebelum 2024,” ungkap Hendri melalui pesan singkat, Kamis (29/4/2021).

Artinya, kata Hendri, jika benar reshuffle terjadi maka akan menjadi reshuffle pamungkas untuk bisa mensolidkan partai-partai politik. Sehingga, bisa jadi untuk memfokuskan memberikan legacy atau warisan yang baik dari Kabinet Indonesia Maju.

Bisa jadi, kata Hendri, akan banyak perubahan di dalam kabinet, termasuk misalnya masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) ke dalam pemerintahan. “Mungkin nanti di Mei itu akan banyak perubahan-perubahan, termasuk masuknya PAN, misalnya ke pemerintahan gitu. Atau ada beberapa menteri-menteri strategis yang mungkin diganti,” katanya.

“Ya enggak apa-apa juga sih, kalau pengennya pak Jokowi begitu, ya boleh gitu,” tutup Hendri.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini